Home Pendidikan Berikan Edukasi Dampak Gadget Bagi Kesehatan Anak SMP

Berikan Edukasi Dampak Gadget Bagi Kesehatan Anak SMP

0
Dr Agus Susilo menyampaikan materi terkait dampak kesehatan bagi anak SMP dalam penggunaan gadget.

Melalui Program Sahabat Mengajar

BANYUASIN, PE- Di era digitalisasi sekarang ini penggunaan gadget menjadi kebutuhan paling penting. Terlebih lagi di kalangan pelajar, sehingga keberadaan gadget menyebabkan adanya dampak positif maupun negatif.

Dimana dampak positif dihasilkan dalam penggunaannya yakni mempermudah dalam pencarian informasi dan komunikasi, selain itu, dapat menjadikan pelajar tidak gagap teknologi. Namun untuk negatif mengganggu belajar siswa, berakibat buruk pada perilaku, kesehatan, dan sikap siswa, serta mengakibatkan pemborosan.

Beranjak dari gadget sendiri, program Sahabat Mengajar yang merupakan salah satu bentuk kepedulian PT Medco E&P Rimau, khusus dibidang pendidikan, para pelajar dari SMP Negeri 2 Suka Tapeh Kecamatan Suak Tapeh Kabupaten Banyuasin diberikan edukasi dengan tema diambil ” Dampak Gadget Terhadap Kesehatan “.

” Ya, kita pada 2 November lalu memberikan sosialisasi dan edukasi bagi pelajar tentang bahaya kesehatan dalam pemakaian gadget dalam kehidupan sehari-hari, “kata dr. Agus Susilo, dari Medical Department PT Medco E&P Rimau sebagai pengajar, Rabu (6/11).

Sebab, menurut dia, penggunaan gadget sekarang ini telah menjamur di kalangan pelajar bahkan ke anak-anak. Oleh sebab itulah, harus diperhatikan dampak negatif maupun positifnya.

“Karena gadget memiliki dampak yang dapat menyebabkan kecanduan, terutama bila anak atau pun pelajar terbiasa bermain dengan gadget. Anak akan terus-menerus menggunakan gadget, dan perkembangan interaksi sosial menjadi terhambat, ” jelasnya.

Sementara, Kepala SMP Negeri 2 Suak Tapeh, Abdul Hapid M. Si menyampaikan sangat berterima kasih kepada PT Medco E&P yang telah memberikan perhatian kepada sekolah untuk melakukan kegiatan ini, dan semoga hal ini bisa memberi manfaat besar untuk anak-anak serta perusahaan tetap selalu sukses.

“Kami berharap kegiatan ini dapat dimanfaatkan penuh oleh anak-anak yang mengikutinya, karena ini dapat menambah pengetahuan mereka di luar mata pelajaran yang mereka terima sehari-hari. Apalagi masalah ketergantungan gadget ini, sampai sekarang memang menjadi isu besar di masyarakat, “ungkapnya.

Terpisah, Manager of West Area Community Awareness Relations & Enhancement Bondan Brillianto mengatakan, bahwa Program Sahabat Mengajar adalah salah satu program CSR rutin yang dilaksanakan setiap bulannya, sebagai sarana mensosialisasikan kegiataan perusahaan.

“Sarana sosialisasi langsung pekerja ke masyarakat dan penyampaian informasi terkait keselamatan dan kesehatan kerja, di wilayah kerja perusahaan, “tandasnya. RIL/MUH

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here