Home Palembang Butuh Darah, Buka Saja Aplikasi Sipendah

Butuh Darah, Buka Saja Aplikasi Sipendah

0
Ketua PMI Sumsel Hj Febrita Lustia Herman Deru (dua kanan)

PALEMBANG.PE- Masyarakat Sumatera Selatan yang membutuhkan transfusi darah tidak harus datang ke Palembang. Cukup melihat laman Sipendah (Sistem Informasi Pendonor Darah Polda Sumsel), yang menyajikan informasi data pendonor darah di kabupaten dan kota.

Demikian dikatakan Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi Sumatera Selatan Hj Febrita Lustia Herman Deru seusai acara Orientasi dan Sosialisasi UU No 1 Tahun 2018 dan Peraturan Pemerintah No 7 Tahun 2019 tentang Kepalangmerahan, di Ballroom Hotel Harper, Senin (9/12).

“Di kabupaten/kota sudah ada. Buka saja Sipendah. Itu tersaji data pendonor darah yang bisa dihubungi. Ada berbagai macam golongan darah,” ujarnya seraya menambahkan, program tersebut merupakan hasil kerja sama PMI Sumsel dengan Polda Sumsel.

Lebih lanjut ia mengatakan, untuk mendapatkan tambahan darah, pihaknya menggelar acara donor darah setiap Sabtu dan Minggu.

“Setiap Sabtu atau Minggu kami ada di Kambang Iwak. Di lain waktu mungkin kami ada di bawah Jembatan Ampera, untuk mensosialisasikan Sipendah dan mencari pendonor darah,” ucapnya.

Disinggung stok darah di Sumsel, menurut dia, PMI Sumsel belum memiliki Unit Donor Darah (UDD). Baru ada di Kota Palembang.

“Kami berharap PMI Kabupaten dan Kota dapat mensosialisasikan UU No 1 Tahun 2018 dan Peraturan Pemerintah No 7 Tahun 2019 tentang Kepalangmerahan,” ucapnya.

Ketua PMI Kabupaten Musi Banyuasin Beni Hernedi mengatakan, UU ini baru disahkan tahun 2018 kemarin. Banyak pihak harus memahami, mematuhi, dan menjalankan undang-undang tersebut.

“Masih banyak yang belum paham. Kadang-kadang menghambat gerak operasional PMI di bawah. Masih ada yang beranggapan PMI itu organisasi yang pembiayaannya wajib dibantu dan boleh dimasukkan ke dalam APBD. Serta masih sulit koordinasi,” terangnya.

Dikatakannya, Peraturan Pemerintah No 7 Tahun 2019 diterbitkan sebagai penjelasan UU tersebut. “Dengan sosialisasi seperti ini, tentu akan memudahkan dan lebih memantapkan gerak PMI di kabupaten dan kota,” tukasnya.

Acara ini dihadiri Wakil Gubernur Sumsel H Mawardi Yahya, Ketua PMI Sumsel Hj Febrita Lustia Herman Deru, para kepala organisasi perangkat daerah, dan pengurus Palang Merah Indonesia se-Sumatera Selatan. CIT

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here