Home Kesehatan Cegah Osteoporosis, Kalbe Edukasi Lansia

Cegah Osteoporosis, Kalbe Edukasi Lansia

0

PALEMBANG, PE – Meningkatkan kesadaran masyarakan Indonesia terhadap pencegahan Osteoporosis, PT Kalbe Farma Tbk melalui Kalbe Ethical Customer Care (KECC) menyelenggarakan peringatan Hari Osteoporosis Sedunia 2019 yang mengangkat tema Tulang & Sendi Kuat Indonesia Sehat yang berlangsung di Grand Atyasa Palembang, Sabtu (12/10).

Kegiatan ini diikuti oleh lebih kurang 350 peserta dari berbagai komunitas seperti Formi, BKOW komunitas senam dan masih banyak lagi.

Partnership Manager PT Kalbe Farma Tbk, Happy Handayani menyampaikan, Osteoporosis merupakan masalah kesehatan dunia (global issue) dimana sekarang ini banyak diderita oleh kelompok usia yang lebih muda. Saat ini, Indonesia yang memiliki jumlah penduduk sekitar 260 juta jiwa dimana diperkirakan 71 juta jiwa akan berusia lebih dari 60 pada tahun 2050. Diperkirakan 28,7% laki-laki dan 32,3% perempuan didiagnosis terkena osteoporosis.

“Oleh karena itu melalui kegiatan ini, kami ingin mengajak para peserta untuk peduli dengan kesehatan tulang dan sendi khusunya bagi yang sudah lanjut usia (lansia),” ungkap Happy.

Rangkaian kegiatan ini mulai dari senam kesehatan tulang, pemeriksaan kesehatan yang meliputi cek gula darah sewaktu, tensi, kepadatan tulang, cek pendengaran, cek lemak tubuh serta talk show dengan dr Soegiarto Soerodjojo Sp,OT dari Siloam Hospital Sriwijaya sebagai nara sumber dengan topik mitos & fakta : Keropos tulang & nyeri sendi.

“Kegiatan ini menjadi agenda rutin yang dilakukan oleh KECC sebagai bentuk kepedulian kami kepada masyarakat awam,khususnya warga lanjut usia, bahwa mencegah tulang rapuh (osteoporosis) dan radang sendi (osteoarthritis) itu penting untuk aktivitas masa mendatang,” katanya lagi.

Tak hanya itu saja, melalui kampanye Hari Osteoporosis Sedunia ini diharapkan dapat menjawab mitos dan fakta yang berkembang dalam masyarakat tentang osteoporosis dan osteoarthritis. Karena masyarakat perlu meningkatkan wawasan dan pengetahuan mengenai osteoporosis dan osteoarthritis agar tahu sebab akibat dan bagaimana cara mencegah terjadinya.

Ditambahkan Happy, selain mengedukasi masyarakat terkait pencegahan dan penanganan osteoporosis ini, pihaknya juga memperkenalkan produk suplemen keluaran Kalbe Farma berupa suplemen Osfit untuk memelihara kesehatan tulang dan medifex (Trandermal Glucosamine Cream) suplementasi glukasamin untuk sendi.

“Kami punya dua produk yaitu Suplemen Kalsium Osfit yang tersedia dalam bentuk tablet dan Mediflex yang berupa cream cara pakainya cukup dengan mengoleskan Mediflex cream di tulang atau sendi yang sakit karena diolah dengan formulasi khusus yang menggunakan minyak alami sehingga dapat membawa sejumlah besar glukosamin menembus ke dalam lapisan kulit dan secara langsung mempengaruhi sendi,” terangnya.

Tak hanya mengkonsumsi asupan kalsium dan suplemen, masyarakat utamanya lansia juga dianjurkan untuk rutin berolahraga.

Dengan mengkonsumsi asupan kalsium yang ckup dari makanan yang mengandung kaya kalsium bila perlu ditambah suplemen dan olahraga yang rutin. Karena suplemen tanpa olahraga juga tidak cukup,” tandasnya. BET

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here