Home Sumsel Banyuasin Ciptakan Wirausaha Mandiri, 100 Pelaku Usaha Dapat Pelatihan

Ciptakan Wirausaha Mandiri, 100 Pelaku Usaha Dapat Pelatihan

0

BANYUASIN.PE-Sebanyak 100 orang pelaku usaha disetiap Kecamatan dalam Kabupaten Banyuasin mendapatkan pelatihan kewirausahaan secara gratis dari Dinas Perdagangan, Koperasi dan UKM (DPKUKM) Banyuasin.

Adapun pelatihan kewirausahaan ini dilaksanakan 2 angkatan, dimulai 8-9 Nopember, dilanjutkan 11-12 Nopember di Asrama Haji Palembang.

Ketua Panitia Drs Rizal Fahlevi menyampaikan pelatihan kewirausahaan guna membangun sikap mental para pelaku UKM dalam menguasai ilmu manajerial sehingga diharapkan dapat menciptakan ide-ide usaha yang baru.

Dengan tujuan terciptanya UMKM yang mandiri, tangguh mampu bertahan, tumbuh dan berkembang sehingga diharapkan pada gilirannya nanti dapat meningkatkan perekonomian daerah.

“Peserta dibekali materi kewirausahaan yang dapat menunjang pengembangan usaha bagi para pelaku UMKM meliputi mengenal konsep kewirausahaan dan pentingnya berwirausaha, akses permodalan bagi UMKM, pembentukan badan hukum Keperasi, membangun Jiwa dan Semangat Wirausaha, Inovasi bagi UMKM, Kemitraan dan Akses Pemasaran bagi UMKM,”ujar Rizal.

Sementara Bupati Banyuasin H Askolani melalui Kepala DPKUKM Banyuasin Drs Lukman menyampaikan berbagai upaya dilakukan Pemkab Banyuasin untuk pengentasan kemiskinan dan pengurangan pengangguran, pada era globalisasi saat ini, kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi semakin berkembang pesat.

Salah satunya dengan menumbuhkan jiwa kewirausahaan melalui Usaha kecil menangah yang berperan penting hal penyerapan tenaga kerja, mereduksi kemiskinan dan pemberdayaan masyarakat desa.

“Para pelaku UMKM dihadapkan kendala permodalan, teknologi pemasaran dan managemen usaha. Oleh karena itu Pemerintah harus terus mendorong keberadaan dan peningkatan perkembangan Usaha pelaku UMKM, sehingga pada tahun 2019 ini Dinas Perdagangan, Koperasi dan UKM Kabupaten Banyuasin melaksanakan kegiatan Penyelenggaraan Pelatihan Kewirausahaan,”katanya.

Menurutnya pelatihan Kewirausahaan ini bagi pelaku UMKM agar mempunyai pengetahuan yang cukup untuk menjalankan Usahanya dapat meningkatkan kapasitas pelaku usaha dalam hal mengelola usahanya, sehingga mereka dapat bekerja secara optimal, membentuk sikap dan tingkah laku para pelaku UMKM dalam menjalin hubungan baik antara rekan bisnis, karyawan maupun konsumen sehingga pada akhirnya nanti para pelaku UMKM dapat menghasilkan inovasi-inovasi baru bagi bisnis mereka, dan mampu bersaing dalam mengembangkan usahanya.

Seperti diketahui DPKUKM Banyuasin sebagai fasilitator daerah dalam mengembangkan ekonomi kerakyatan dengan memberikan fasilitasi terhadap pelatihan Kewirausahaan bagi UMKM dengan memfasilitasi permodalan, penyaluran KUR. Selanjutnya fasilitasi promosi dan pemasaran dengan mengikutsertakan produk UMKM pada pameran berskala nasional .

“Untuk itu, mari terus kita galakkan semangat kewirausahaan dalam kehidupan masyarakat, sehingga tingkat pengangguran dan kemiskinan akan terus semakin berkurang. Karena pelatihan ini berupa keterampilan/praktek (skill), yang kelak akan menjadi dasar keterampilan saudara dalam berwirausaha. Nantinya akan menjadi wirausahawan yang sukses,”harapnya. BUD

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here