Home Headline News Cium Aroma Tak Sedap dari Pemilu Kemarin, DPW PKS Sumsel Laporkan Dugaan...

Cium Aroma Tak Sedap dari Pemilu Kemarin, DPW PKS Sumsel Laporkan Dugaan Pelanggaran TSM KPU Empat Lawang ke Bawaslu

0

PALEMBANG,PE—Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), Senin (6/5) melaporkan dugaan pelanggaran pada proses pemilihan umum legislatif (Pileg) yang terjadi di Kabupaten Empat Lawang kepada Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Sumsel.
Kepala Bidang Politik, Hukum dan Hak Asasi Manuasia (Polhukam) DPW PKS Sumsel, Aulia Rahman SH MH mengatakan, telah terjadi pelanggaran secara terstruktur, sistematis dan masif (TSM) yang diduga dilakukan oleh pejabat penyelenggara pemilu pada proses pemilu di Kabupaten Empat Lawang. Pelanggaran tersebut terjadi pada saat rekapitulasi penghitungan hasil suara pemilu baik di tingkat Kecamatan maupun Kabupaten.

“Terjadi pelanggaran pada mekanisme rekapitulasi pemilu di KPU Empat Lawang yang mana terjadi selisih antara C1 dan DA 1 milik saksi dengan yang disampaikan oleh KPU Empat Lawang,” ucap Aulia didampingi Ketua DPW PKS Sumsel, Muhammad Toha SAg, Ketua Bapilu DPW PKS Sumsel, Mgs Syaiful Padli dan jajaran pimpinan PKS Sumsel.

Dikatakannya, atas selisih tersebut, saksi dari pihak PKS telah menyatakan keberatan kepada pihak KPU Empat Lawang, namun pihak KPU tidak melakukan perbaikan dan hanya meminta saksi menuliskan di form keberatan. “Padahal seharusnya KPU harus mengakomodir , jika terjadi perbedaan C1 dan dA1 milik saksi dengan milik KPU terjadi selisih angka maka seharusnya diverifikasi dengan C1 dan DA1 plano,” sebutnya.

Ditambahkan Ketua Bapilu DPW PKS Sumsel, Mgs Syaiful Padlu ST MM, atas pelanggaran tersebut, mengakibatkan perolehan suara dan kursi PKS turun bahkan nyaris tidak mendapatkan kursi.

“Awalnya untuk Sumsel 2 DPR RI kursi PKS berada di urutan ke tujuh dari sembilan kursi, dengan adanya pelanggaran tersebut, kursi kami hampir hilang karena diduga terjadi penggelembungan suara di partai lain yang kemungkinan mencapai puluhan ribu suara. Begitu juga dengan dapil Sumsel 7 DPRD Sumsel, kami (PKS) juga kehilangan kursi karena diakibatkan pelanggaran mekanisme yang dilakukan oleh KPUD,” jelasnya.

Atas dasar tersebut, pihaknya mendatangi Bawaslu Sumsel untuk melapor dan menindaklanjuti perkara ini.

“Kami meminta perkara ini ditindaklanjuti oleh Bawaslu, kami meminta Bawaslu menghentikan proses rekapitulasi pemilu yang dilakukan KPU Empat Lawang dan meminta KPU Provinsi untuk mengambil alih acara rekapitulasi pemilu di Empat Lawang, karena dikhawatirkan terjadi intervensi oleh pejabat daerah terhadap KPU dan Bawaslu Empat Lawang,”pintanya.

Pihaknya juga akan melakukan demo jika Bawaslu tidak mengindahkan laporan tersebut. “Ini semua kami lakukan karena kami yakin dan punya bukti C1 , jika Bawaslu tidak merespon makan kami siap mendemo Bawaslu, kami akan kerahkan kader-kader PKS ke Bawaslu,” tegas Syaiful. BET

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here