Home Warta Kodam Dandim Gelar Pemetaan di Wilayah Titik Api

Dandim Gelar Pemetaan di Wilayah Titik Api

0
Pemetaan titik api yang dilakukan di lokasi karhutla oleh Kodim 0402/OKI-OI.

KAYUAGUNG, PE – Komando Distrik Militer (Kodim) 0402/OKI-OI menggelar kegiatan pemetaan lokasi kebakaran di Desa Sungai Bungin, Kecamatan Pangkalan Lampam, Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) bersama Subsatgas darat gabungan wilayah, Kamis (5/9).

Dandim 0402/OKI, Letkol Inf Riyandi saat melakukan gelar pemetaan bersama tim Subsatgas darat gabungan wilayah OKI mengatakan, pelaksanaan kegiatan ini mengingat banyaknya titik api yang tersebar di wilayah Desa Sungai Bungin, Kecamatan Pangkalan Lampam.

“Berdasarkan hasil pemetaan, ada beberapa titik yang menjadi fokus tim Satgas gabungan darat, antara lain titik kebakaran hutan yang berdekatan dengan pemukiman penduduk yang berada di wilayah sekitar Desa Sungai Bungin,” bebernya.

Pemadaman dilaksanakan dengan semua peralatan dan kekuatan yang ada. Pihaknya berharap dengan adanya upaya tersebut dapat mencapai hasil yang maksimal. “Saya berharap dengan kekuatan serta peralatan yang ada, dapat mencapai hasil yang maksimal,” cetusnya.

Masih kata Dandim, wilayah Desa Sungai Bungin sebagian besar merupakan hamparan lahan gambut. Ketika kebakaran terjadi, api dengan mudah menjalar kebawah permukaan lahan yang menyebabkan api tidak tampak menyala, sehingga hanya asap putih yang tampak di atas permukaan.

“Api menyebar secara tidak menentu ke bawah permukaan, baik secara vertikal maupun horizontal, dan membakar materi organik melalui pori-pori gambut, sehingga tidak tampak dipermukaan,” terangnya.

Gambut yang terbakar menghasilkan energi panas yang lebih besar dari kayu atau arang yang terbakar. Hal inilah yang menyebabkan kebakaran terus terjadi di areal lahan gambut.

“Salah satu penyebab kebakaran ini terjadi terus menerus, karena apabila gambut terbakar dampaknya lebih besar dari kayu atau arang,” pungkasnya. IAN

Baca Juga  Prihatin Atas Kabut Asap Akibat Karhutla, Ini yang Dilakukan Anggota DPR RI Ishak Mekki
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here