Home Headline News Datangi BBWSS VIII, Anggota Komisi V DPR RI Ishak Mekki Bahas Normalisasi...

Datangi BBWSS VIII, Anggota Komisi V DPR RI Ishak Mekki Bahas Normalisasi Sungai Sembawa

0
Suasana anjangsana anggota Komisi V DPR RI, Ir.H. Ishak Mekki, MM ke BBWSS VIII dalam rangka silaturahmi dan mengakhiri reses Masa Sidang I DPR RI Tahun 2019-2020, Rabu (8/1).

PALEMBANG, PE – Aspirasi masyarakat Kecamatan Sembawa yang disuarakan oleh seluruh Kepala Desa (Kades) se-Kecamatan Sembawa, Kabupaten Banyuasin pada saat reses anggota Komisi V Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI), Ir H Ishak Mekki MM akhir Desember 2019 lalu, mendapat tanggapan serius dari pihak Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Balai Besar Wilayah Sungai Sumatera (BBWSS) VIII di Palembang.

Saat anjangsana ke kantor BBWSS VIII yang terletak di Jalan Soekarno-Hatta Palembang, Rabu (8/1), anggota DPR RI, Ishak Mekki yang mengusung berbagai usul, keluhan dan aspirasi yang terkait kepentingan masyarakat konstituen di daerah pemilihan (Dapil) Sumatera Selatan (Sumsel) sangat diapresiasi oleh pihak BBWSS VIII. Di antara aspirasi yang mendapat apresiasi tersebut adalah proposal normalisasi sungai Sembawa yang diajukan oleh sejumlah Kades.

Sungai Sembawa sendiri merupakan sumber pengairan bagi warga petani di sejumlah desa di kawasan Kecamatan Sembawa dan sekitarnya. Selain telah mengalami penyempitan dan pendangkalan, sungai yang dulu lebarnya mencapai 20 m saat ini menjadi sarang buaya dan telah berkali-kali menelan korban.

“Terima kasih pak Ishak atas kunjungan ini, dan apa yang menjadi aspirasi masyarakat yang bapak usung terkait dengan bidang tugas kami, BBWSS VIII sangat kami mengapresiasi dan segera kami tindak lanjuti,” ujar Kepala BBWSS VIII, Birendrajana didampingi para stafnya semangat di hadapan anggota DPR RI, Ishak Mekki dan rombongan.

Ada sejumlah usul yang diusung oleh Ishak terkait bidang tugas BBWSS VIII saat pertemuan itu, di antaranya usul normalisasi Sungai Sembawa, normalisasi Sungai Komering di Ogan Komering Ilir (OKI), pembangunan irigasi dan embung desa, serta pembangunan Danau Teloko seluas 626 ha yang terletak di Kecamatan Kota Kayuagung, OKI.

Ishak Mekki yang juga Wakil Gubernur (Wagub) Sumsel periode 2013-2018 dalam pengantarnya mengatakan, usul atau aspirasi yang dia usung ke BBWSS VIII selaku mitra kerjanya ini merupakan kepentingan yang mendesak bagi masyarakat yang terserap melalui reses di Dapilnya. Dia mengharapkan kiranya apa yang menjadi aspirasi masyarakat tersebut, pihak mitranya dapat menindaklanjuti sesuai proposal yang disampaikan.

“Tentu saja tindak lanjut yang dilakukan setelah melalui survei dan penilaian oleh pihak mitra kerja,” kata Ishak Mekki serius.

Dalam pertemuan itu, terkait normalisasi sungai Sembawa yang terletak di Kecamatan Sembawa, Kabupaten Banyuasin dan melintasi puluhan desa dalam Kecamatan Sembawa sepanjang 20 km, pihak BBWSS VIII menjadikannya catatan prioritas untuk segera dilakukan survei ke lapangan.

Bahkan menurut pihak BBWSS VIII, agar tidak lagi menjadi sarang buaya, hulu dan hilir sungai akan dibangun pintu air. Begitu juga dengan usul-usul yang lainnya termasuk rencana pembangunan Danau Teloko, Kabupaten OKI.

“Untuk Danau Teloko, kami sudah melakukan survei dan telah membuat desainnya, insyaa Allah detailnya akan terus berkelanjutan,” imbuh Birendrajana optimis.

Anjangsana itu sendiri dilakukan oleh Ishak Mekki dalam rangka silaturahmi dengan mitra-mitra kerja Komisi V DPR RI selepas pelaksanaan reses masa sidang I tahun 2019-2020. Di antara mitra kerja yang dikunjungi adalah BBWSS VIII, Balai Besar Perencanaan Jalan Nasional V (BBPJN V) Sumsel, Balai Prasarana Permukiman Wilayah Sumsel, Satuan Non Vertikal Tertentu (SNVT) Perumahan Sumsel dan Balai Perhubungan Sumsel yang merupakan perpanjangan tangan Kementerian Perhubungan untuk wilayah Sumsel. RIL/ARZ

 

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here