Home Headline News Deru: Kaget dan Sedih, Siapkan Plh Bupati

Deru: Kaget dan Sedih, Siapkan Plh Bupati

0
H Herman Deru, Gubernur Sumsel

OTT KPK Bupati Muara Enim

PALEMBANG, PE – Kabar dugaan terjaringnya Operasi Tangkap Tangan (OTT) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terhadap Bupati Muara Enim Ahmad Yani sontak direspon Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel), Herman Deru. Orang nomor satu di Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumsel ini merasa kaget dan sedih atas penangkapan yang diduga terkait kasus suap proyek.

Kendati status Ahmad Yani belum sepenuhnya jelas, apakah ditetapkan tersangka atau sekedar saksi, Deru akan menyiapkan Pelaksana Harian (Plh) Bupati demi tetap berjalannya tonggak kepemimpinan di Kabupaten Muara Enim.

“Nanti setelah kita mendapatkan pemberitahuan resmi kita angkat Plh. Kalau 1×24 jam masih belum ada pemberitahuan resmi kita tunjuk dulu Plh-nya,” tutur Deru usai menghadiri Serah Terima Jabatan (Sertijab) Kepala Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Sumsel, Selasa (3/9).

Diakui Deru bila saat ini dirinya belum mendapat kabar apapun termasuk keberadaan Bupati Muara Enim Ahmad Yani pasca OTT dari KPK. “Keberadaan beliau (Ahmad Yani) belum terinfo ke saya, baik surat maupun telegram atau pemberitahuan yang lain belum ada,” sambungnya.

Lebih lanjut, untuk kepentingan kepemimpinan di Kabupaten Muara Enim, sebagai Gubernur Sumsel, Deru mengaku akan secepatnya memanggil Wakil Bupati Muara Enim Juarsah untuk koordinasi. “Nanti dalam waktu cepat saya panggil. Saya akan bicara dengan dia (Juarsah),” tutup Deru.

Sementara itu, mengawali agenda kerjanya Selasa (3/9) pagi, Gubernur Sumsel Herman Deru menghadiri sertijab Kepala Perwakilan BPK Provinsi Sumsel, dari Maman Abdulrachman SE MM kepada Pemut Aryo Wibowo SE MSi, Ak, di Kantor BPK Perwakilan Sumsel di Jalan Demang Lebar Daun.

“Saat ini pembangunan infrastruktur di Sumsel merupakan suatu hal yang kami pandang penting untuk dilaksanakan. Hal ini demi memberikan akses bagi masyarakat dalam meningkatkan roda rakyat.

Untuk itu, bagi Pimpinan dan Jajaran BPK, kami diminta memberikan kontribusi nyata dalam mengawal gerakan langkah pembangunan fasilitas infrastruktur di Sumsel, termasuk tentang Pengelolaan Barang Milik Daerah. Dengan melalui pemeriksaan melalui standar pemeriksaan keuangan negara,” jelas Deru dalam kata sambutannya.

Acara sertijab itu juga dihadiri pejabat tinggi lainnya seperti Wali Kota Palembang, Harnojoyo, Anggota V BPK RI, Ir Ismayatun MT, Auditor Utama Keuangan Negara V BPK RI, Novian Herod Wijanyo, Sekda Provinsi Sumsel Nasrun Umar, Pangdam II Sriwijaya Mayjen TNI Irwan SIP MHum, Kapolda Sumsel Irjen Pol Firli MSi, Kepala Perwakilan BI Sumsel Yunita Resmi Sari, Direktur Pemasaran BSB Antonius Prabowo Argo, serta sejumlah Bupati dan Wakil Bupati se-Sumsel. SYAH

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here