Home Advertorial Disbudpar Muratara Programkan Wisata di Muratara jadi Taman Nasional Geopark

Disbudpar Muratara Programkan Wisata di Muratara jadi Taman Nasional Geopark

0
Wisata Danau Rayo

MURATARA, PE- Banyaknya Objek Wisata menarik di Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara) yang terbentuk secara alami, mulai dari wisata pegunungan, sungai dan obek-obek wisata eksotis lainnya, ditahun 2020 akan dikembangkan oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten (Disbudpar) Muratara menjadi Taman Nasional Geopark (TNG), Jumat (8/11).

Disbudpar Muratara Programkan Wisata di Muratara jadi Taman Nasional Geopark 1
Wisata Goa Napallicin

Program TNG yang nantinya mencakupi seluruh wisata yang terbentuk secara geologi yang ada di Kabupaten Muratara, seperti Wisata Goa Napalicin, Danau Rayo, Bukit Layang, Air Terjun Muara Tiku dan wisata-wisata eksotis lainnya, diwancanakan mulai dilakukan persiapan mulai dari perencanaan dan Duta Wisatanya.

Disampaikan langsung Kepala Disbudpar Muratara, Titin Martini saat wawancara khusus dengan Palembang Ekspres diruanganya mengatakan, wacana besar Disparbud Muratara untuk seluruh objek wisata di Kabupaten Muratara saat ini pihaknya tegah merencanakan program Taman Nasional Geopark untuk wisata di Kabupaten Muratara.

Disbudpar Muratara Programkan Wisata di Muratara jadi Taman Nasional Geopark 2
Wisata Bukit Layang

Alasan dinasnya memilih TNG karena banyaknya wisata yang ada di Kabupaten Muratara terbentuk asli secara geologi, seperti danau, air terjun, bukit dan goa, dengan persiapan sejauh ini baru dilakukan penyiapan perangkat lunak pemetaan lokasi wisata, informasi wisata dan duta wisata (guide) sebagai pemandu bagi wisatawan nantinya.

Menurut Titin Martini, sekarang pihaknya sedang membuat perencanaan di tahun 2020 untuk TNG itu, yakni telah mengiripkan surat ke Bandung yang nantinya akan melakukan survey ke Kabupaten Muratara, untuk menentukan lokasi wisata mana yang cocok dijadikan TNG. Selanjutnya pada tahap awal tahun 2020 nanti, pihaknya akan membangun ruang promosi untuk seluruh wisata di Bumi Berselang Serundigan.

Disbudpar Muratara Programkan Wisata di Muratara jadi Taman Nasional Geopark 3
Wisata Air Terjun Ulu Tiku

“Sekarang kita siapkan perangkat lunaknya dan tahun depan sekaligus dengan teknologinya, artinya mulai dari informasi, SDM dan Perencanaan Pembangunan tahun 2020. Sedang kita persiapkan dan diwancanakan juga untuk lokasi wisata Danau Rayo akan dibangun dermaga, yang informasi mendapatkan bantuan langsung dari Pemerintah Provinsi. Tidak hanya itu, akan ada pembangunan lain seperti amphitheater (tempat pentas wisata) dan sebagainya,” ungkapnya.

Baca Juga  17 Desa di Rawas Ulu Berlakukan Waktu untuk Bertamu

Sekarang pendataan lokasi wisata juga telah pihaknya lakukan, selain dari beberapa lokasi wisata itu Kabupaten Muratara juga banyak memiliki wisata-wisata lainya, seperti peninggalan sejarah, kuliner dan sebagainya. Ke depan juga dia berharap untuk kuliner dapat bekerjasama dengan Disperidak, DKP dan Disperkan, serta dinas lainya di Muratara. Karena selain wisata alam dan kuliner, masih ada juga wisata religi, kebudayaan asli Muratara dan sebagainya.

Disbudpar Muratara Programkan Wisata di Muratara jadi Taman Nasional Geopark 4
Wisata Goa Napalicin

“Jadi kedepan bagaimana semua itu akan pihaknya satukan dalam satu ruang promosi, kalau bisa pusatnya di kota kabupaten dan lebih bagusnya di lokasi amphitheater yang seluruhnya ada disana. Dengan peran serta semua dinas terkait sebagai pusat promosi Setelah dari sana, didampingi guide menuju lokasi wisata yang hendak dituju,” pintanya.

Diakuinya, dari sisi wisata Kabupaten Muratara tidak kalah dengan kabupaten lainya, tetapi masih banyak belum tersentuh dengan baik, mulai dari pembangunanya maupun promosi.

Disbudpar Muratara Programkan Wisata di Muratara jadi Taman Nasional Geopark 5
Pemilihan Bukan Ngen Gadis Muratara sekaligus menjadi Duta Wisata

“Jadi melalui program TNG inilah diharapkan mampu mempromosikan wisata-wisata di Kabupaten Muratara baik didalan maupun ke wisata luar, dengan tujuan kedepan bisa menambah PAD dari retribusi yang ada di lokasi wisata,” harapnya. SON/ADV

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here