Home Sumsel Musirawas Dituding Lambat Urus Pencairan Dana Desa, Begini Tanggapan DPMD Mura

Dituding Lambat Urus Pencairan Dana Desa, Begini Tanggapan DPMD Mura

0

MUSIRAWAS, PE – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mura, melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) dituding lambat bekerja mengurusi realisasi proses pencairan dana desa (DD) tahap pertama. Pasalnya, hingga mendekati pertengahan maret 2019 masih banyak desa belum serahkan pengajuan dari pada Apbdes sebagai dasar pengunakan anggaran DD itu sendiri.

Kepala DPMD Mura Mefta Jhoni melalui Kabid Fasilitasi Perencanaan Keuangan Desa Andrianto, mengkalaim bahwa untuk realisasi pencairan DD tahap I tidak terjadi keterlambatan. Melainkan, dari semua terkendala hampir sebagian desa keluhkan pengunaan aplikasi suskeudes versi terbaru.

“Untuk realsiasi DD sampai dengan sekarang, baru 4 Desa Kecamatan Megang Sakti dan separuh desa Kecamatan Muara Belit yang semua memang belum direkap jumlahnya. Dan kalau dari informasi terakhir juga, bagaimana segera dicairkan kalau dari pemerintah pusat saja belum tranperkan anggaran ke kas daerah,”ungkap Andrianto ketika dibincangi Palembang Ekspres diruang kerjanya.

Tidak hanya itu, Andrianto juga mengungkapkan kalaulah untuk tahun 2019 realisasi pencarian DD dilakukan secara ketat. Pihaknya juga mengalami kendala segera memastikan waktu pastinya pencairan kapan dilangsungkan.

“Yang masih juga ditunggu, sampai sekarang juga masing-masing 186 desa juga belum menyelesaikan dari pada tahap verifikasi berkas kecamatan. Dan dari aturan tidak juga harus secepatanya, karena kalau dari PMK DD tahap I paling lambat dua minggu bulan Juni. Begitu juga dengan, DD tahap II hanya berbeda yakni di Minggu ketiga bulan juni,” kilahnya. HAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here