Home Sumsel DMC Dompet Dhuafa Terjun Berjibaku Hadapi Api di Kebun Raya Sriwijaya

DMC Dompet Dhuafa Terjun Berjibaku Hadapi Api di Kebun Raya Sriwijaya

0
Tim DMC Dompet Dhuafa saat berjibaku mnghadapi api di Kebun Raya Sriwijaya

PALEMBANG, PE – Disaster Management Center (DMC) Dompet Dhuafa (DD) pusat menerjunkan 7 orang membantu memadamkan kebakaran hutan dan lahan (karhutla), yang terjadi di wilayah Sumatera Selatan, Rabu (18/9).

Tim membawa dua kendaraan taktis Hilux, lengkap dengan mesin serta fasilitas pemadaman api, dan Ambulance lengkap dengan peralatan medis.

Tim mulai aksinya dengan lebih dahulu menyambangi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Provinsi Sumatera Selatan dengan didampingi Pimpinan Cabang (Pimcab) Dompet Dhuafa Sumatera Selatan Kusworo Nursidik, Lc,, guna berkoordinasi terkait titik kebakaran yang terjadi di Sumatera Selatan.

Rombongan diterima Bidang Pananganan Darurat (BNPB) Ansori. Ia mengapresiasi atas kepedulian DMC Dompet Dhuafa membantu mengurangi Karhutla di Sumsel, yang menyebabkan kabut asap di Palembang dan beberapa kabupaten/kota lainnya.

Tim melanjutkan perjalanan menuju posko BNPB di Kertapati untuk berkoordinasi. Setelah berkoordinasi, dari banyaknya titik api di Sumsel, Penanggungjawab DMC Bagian Sumatera, Darwan memutuskan bakal membantu pemadamam Karhutba di Kebun Raya Sriwijaya di Bakung Kecamatan Indralaya Utara, Kabupaten Ogan Ilir.

“Kita bantu pemadaman api di Kebun Raya Sriwijaya Kabupaten Ogan Ilir. Apalagi setelah mendengar dari posko BNPB di Kertapati, jika semua orang di posko pergi kesana setiap hari membantu pemadaman api,” ucap Penanggungjawab DMC Dompet Dhuafa Narwan, Kamis (19/9).

Setelah menempuh perjalanan hampir 1 jam 30 menit, benar saja asap tebal dan pekat yang membuat pernapasan sesak terasa saat masuk persimpangan Kebun Raya Sriwijaya.

Tim langsung menyiapkan peralatan dan terjun membantu pemadaman Karhutba. DMC Dompet Dhuafa bergabung bersama tim BNPB Provinsi Sumatera Selatan berjibaku memadamkan api.

Meski api sudah tidak terlalu besar, tapi karena lahan gambut yang terbakar tetap saja asap terus bermunculan dengan cukup tebal. Potensi api hidup kembali pun pastinya sangat besar.

DMC Dompet Dhuafa bersama DD Sumsel dan relawan, terus berjibaku menyiram beberapa titik yang dianggap punya potensi kembali menyebab api membesar.

Lahan gambut yang terbakar, adanya kanal menjadi tantangan sendiri dari DMC Dompet Dhuafa untuk menjinakkan si jago merah dan mengurangi asap.

Tim menghentikan aksinya melawan api dan asap tepat pukul 17.30 WIB. Tim pun langsung kembali ke Palembang. Kamis (19/9), dan tim kembali meluncur ke lokasi pukul 05.00 WIB, untuk bergabung bersama petugas BNPB Sumsel membantu pemadaman api yang menjadi wilayah tugas mereka.

“Kita hari ini kembali turun hari ini ke Kebun Raya Sriwijaya memadamkan api, karena kemarin api tampak mulai menyala lagi. Setelah ini tim akan berangkat ke Jambi dan Riau membantu pemadaman kebakaran hutan dan lahan,” jelasnya. CIT

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here