Home Pendidikan Dosen Polsri Lakukan Pengabdian Penugasan Pemanfaatan Kotoran Hewan Jadi Gas

Dosen Polsri Lakukan Pengabdian Penugasan Pemanfaatan Kotoran Hewan Jadi Gas

0
BIOGAS - Dosen Polsri saat melakukan pelatihan dan pembuatan reaktor biogas dengan pemanfaatan kotoran sapi di Jalan Sentosa, Lorong Talang Karet, RT 44, RW 12, Kelurahan Sentosa, Kecamatan Seberang Ulu II, Palembang, Senin (2/12). Foto : Trisno Palpres

PALEMBANG, PE – Sebagai upaya dalam mewujudkan tri dharma perguruan tinggi, civitas akademik Jurusan Teknik Mesin Politeknik Negeri Sriwijaya (Polsri) melakukan pengabdian penugasan kepada masyarakat yang berada di Jalan Sentosa, Lorong Talang Karet, RT 44, RW 12, Kelurahan Sentosa, Kecamatan Seberang Ulu II, Palembang, Senin (2/12).

Di sana, para dosen ini memberikan instalasi dan pelatihan serta pembuatan reaktor biogas sebagai pemanfaatan teknologi tepat guna limbah kotoran ternak sapi dan kambing. Dalam kesempatan tersebut, tim dibagi menjadi dua yakni Tim 1 terdiri dari Drs Soegeng Witjahjo, ST., MT, Ozkar F Hamzah, MT., M.Sc, Racmat Dwi Sampurno, ST., MT, Hendradinata, ST., MT, Dicky Septianto, ST., MT dan Ahmad Zamheri ST., MT.

Dosen Polsri Lakukan Pengabdian Penugasan Pemanfaatan Kotoran Hewan Jadi Gas 1Sementara Tim 2 terdiri dari Moch Yunus, ST., MT, Yahya, ST., MT, Yogi Eka Fernandes, S.Pd., MT, Dodi Tafrant, ST., MT, Fatahul Arifin, M.Eng.Sc., PhD dan Ogi Meita Utama, S.Pd., M.Pd.

“Sebagai implementasi dari tri dharma perguruan tinggi ini, kami mendapat pengabdian penugasan dengan Nomor: 8256/PLG.21/PM/2019,” terang Ketua Tim 2, Moch Yunus.

Dia menjelaskan, pengabdian masyarakat ini dilakukan mengingat banyaknya limbah kotoran ternak yang dibuang di samping kandang. Kondisi ini membuat kondisi kandang menjadi kumuh dan mengeluarkan aroma bau tidak sedap.

“Padahal kotoran ternak merupakan bahan baku biogas yang bisa dimanfaakan sebagai bahan bakar elpiji. Oleh sebab itulah, kami sosialisaikan pemanfaatan kotoran ternak menjadi biogas sebagai pengganti elpiji. Pemanfaatan limbah kotoran sapi bisa mengurangi gas elpiji sebanyak 30 persen,” jelas dia.

Dosen Polsri Lakukan Pengabdian Penugasan Pemanfaatan Kotoran Hewan Jadi Gas 2Sementara itu, Ketua Tim 1, Drs Soegeng Witjahjo, ST., MT mengatakan, hasil perhitungan dan analisis kebutuhan biogas, dapat menghilangkan 100 persen limbah kotoran sapi yang dibuang di samping kandang. Tidak hanya itu, untuk menghasilkan biogas sebanyak 1 m3 er hari yang setara dengan 0,46 kg gas elipiji, dibutuhkan setidaknya lima ekor sapi yang menghasilkan kotoran sebanyak 50 kg per hari.

“Hasil dari produksi biogas ini digunakan masyarakat sebagai bahan bakar alternatif pengganti gas elpiji untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga,” jelasnya.

Terpisah, Wakil Ketua RT 44, Sarengat mengaku bahagia kehadiran para akademisi dari Polsri dalam mensosialisasikan pemanfaatan biogas dari kotoran sapi. Untuk itulah, dia menilai, program pengabdian ini perlu digalakkan lagi sehingga bisa dinikmati masyarakat secara luas.

“Di kampung ini ada 30 ekor sapi dan biasanya kotoran hanya dibuang saja. Dengan pemanfaatan kotoran ini, kami menyambut baik jika bisa dimanfaatkan untuk gas rumah tangga,” ucapnya. RIS

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here