Home Pendidikan Dosen Teknik Sipil Unsri Berikan Pemahaman Berlalu Lintas

Dosen Teknik Sipil Unsri Berikan Pemahaman Berlalu Lintas

0

PALEMBANG, PE – Dalam melakukan upaya peningkatan kesadaran berlalu lintas, Jurusan Teknik Sipil Fakultas Sipil Universitas Sriwijaya (UNSRI) Palembang melakukan pengabdian masyarakat dengan memberikan pemahaman kepada siswa MAN 1 Palembang dengan mengusung tema tertib berlalu lintas di Madrasah Aliyah Negeri 1 Palembang, Sabtu (19/10).

Kegiatan ini sebagai bentuk upaya pencegahan pelanggaran lalu lintas dan mengetahui tata tertib pengguna bermotor agar lebih aman berkendara. Karena pada saat ini sering terjadi kecelakaan dan berujung kematian.

Ketua Pengabdian Masyarakat, Dr.Melawaty Agustien, S.Si,. M.T menjelaskan, upaya pencegahan ini dilakukan dengan persiapan kelengkapan, dan mematuhi rambu lalu lintas agar dapat menghindari terjadinya kecelakaan. Dan pemerintahan juga harus berpartisipasi dalam peningkatan Infrastruktur dan Manajemen Lalu Lintas.

“Menurut UU No 22 th 2009 pasal ayat 24, Kecelakaan Lalu Lintas adalah suatu peristiwa di Jalan yang tidak diduga dan tidak disengaja melibatkan kendaraan dengan pengguna jalan lain yang mengakibatkan korban manusia atau kerugian harta benda,” jelasnya.

Untuk itulah, sambung dia, siswa harus dapat memahami pengetahuan tentang lalu lintas angkutan di jalan. Pengetahuan tersebut adalah dasar untuk bisa tertib berlalu lintas.

“Dalam mengemudikan kendaraan wajib hukumnya untuk kita mentaati semua peraturan yang berlaku, diantanya penggunaan helm berstandar nasional, membawa SIM. Semuanya untuk keselamatan kita dalam mengendarai kendaraan. Dan sebagai warga negara perlu adanya partisipasi dari pemerintah, jadi kalau kalian menemukan ada jalan yang berlobang, membahayakan itu bisa kalian Usulkan kepada Pemerintah,” ujar Mela.

Tujuan sosialisasi lalu lintas kepada pelajar ini untuk memberikan wawasan tentang keselamatan lalu lintas dan menanamkan jiwa pelopor tertib berlalu lintas di lingkungan pelajar.

Kepala MAN 1 PALEMBANG Hj. Rusmala dewi, S.Pd., M.M mengatakan kegiatan ini pastinya akan memberikan manfaat yang luar biasa kepada pelajar.

“Ini merupakan satu ilmu yg bermanfaat sekali buat kami terkhusus anakanya tentang pentingnya berkendara, apalagi disertai dengan tampilan animasi cara berkendara yg akan dipublikasikan di web madrasah kami. Kami berterima kasih untuk kegiatan ini, karena ternyata jurusan sipil itu ada bagian transportasinya juga. Ini menambah ilmu buat kami,”ujar Rusmala. RIL

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here