Home Palembang Duo Tasya Menangi Sang Juara

Duo Tasya Menangi Sang Juara

0
Tasya Gita Salsabilla, juara pertama Sang Juara 2019 saat menerima tropi, uang pembinaan, dan penghargaan dari staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM, yang juga Plt Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Selatan Riza Pahlevi, didampingi Nidia Risani, Juara I Sang Juara 2017.


Museum Balaputra Dewa Raih Tingkat Kunjungan Tertinggi

PALEMBANG.PE- Tasya Gita Salsabilla berhasil keluar sebagai juara pertama pada babak Grand Final Sang Juara ‘Payo ke Museum’ tingkat SMA/SMK se Sumatera Selatan. Sementara rekannya dari sekolah yang sama, Tasya Diandra Aulia, menjadi juara kedua.

SMA Negeri Sumsel mendominasi penyelenggaraan pamungkas Sang Juara ‘Payo ke Museum’ di halaman depan Museum Negeri Sumatera Selatan Balaputra Dewa, Kamis (28/11). Tercatat ada tiga wakil mereka dari lima finalis, yang berhasil masuk sepuluh besar.

Dengan keberhasilan ini, SMA Negeri Sumsel berhak mengangkat Piala Gubernur Sumatera Selatan yang jadi piala bergilir. Sementara predikat suporter terbaik jatuh ke tangan SMA Darma Bakti Palembang, dan sekolah terbaik menjadi milik SMA Negeri 22 Palembang.

“Alhamdulillah, senang sekali. Soalnya sudah usaha dari seminggu yang lalu kami kumpulkan materi. Sedikit sedih, dua dari teman saya tidak masuk,” kata Tasya Gita Salsabilla usai lomba.

Ia memuji acara Sang Juara, yang menurutnya sarat pengetahuan tentang sejarah. “Dari acara ini saya tahu tentang kebudayaan di Sumatera Selatan. Acaranya ini sangat-sangat bagus,” ucap siswi kelas 12 IPS ini.

Babak Grand Final Sang Juara dihadiri oleh Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM, yang juga Plt Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Selatan Riza Pahlevi, yang datang mewakili Gubernur Sumatera Selatan H Herman Deru. Lalu Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumsel Aufa Syahrizal, Kepala UPTD Museum Negeri Sumatera Selatan Balaputra Dewa Chandra Amprayadi. Kemudian Kasubdit Wisata Polda Sumsel AKBP Harno, dan Plh Kepala Badan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Sumsel Fitri.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumsel Aufa Syahrizal mengatakan, dirinya sangat mengapresiasi kegiatan, yang diinisasi Kepala UPTD Museum Balaputra Dewa Chandra Amprayadi bekerja sama dengan Harian Palembang Ekspres dan Dinas Pendidikan Sumatera Selatan.

“Sang Juara ini merupakan bagian dari kegiatan Pameran Kain Tradisional Songket Palembang. Antusias pelajar sangat tinggi. Peserta bukan hanya pelajar di Kota Palembang, tapi juga luar kota,” ujar Aufa.

Dikatakan Aufa, even Sang Juara bertujuan untuk memperkenalkan Museum Balaputra Dewa kepada pelajar, selain untuk menyeleksi mereka yang berpotensi.

“Paling positif dari kegiatan ini, semua elemen masyarakat maupun para stakeholder, sponsor, semuanya mendukung dengan maksimal. Kami tidak menyangka bahwa program ini bisa mendongkrak kunjungan wisatawan ke museum,” tukasnya.

Dalam catatannya, sejak digelarnya sejumlah even di Museum Balaputra Dewa dalam beberapa bulan terakhir, jumlah kunjungan ke museum dalam tahun 2019 ini mencapai 29.600 kunjungan.

“Itu di Museum Balaputra Dewa saja. Sebelumnya dalam sehari paling lima atau sepuluh kunjungan. Sekarang hampir setiap hari kunjungan para wisatawan sangat tinggi,” tuturnya.

Ia menyatakan, pihaknya berencana menjadikan Sang Juara sebagai even tahunan dan akan ditingkatkan lagi kualitasnya.

“Kita evaluasi lagi. Yang kurang kita perbaiki. Dan yang sudah baik kita tingkatkan,” pungkasnya.

Babak Grand Final Sang Juara ‘Payo ke Museum’ diikuti 130 peserta dari 26 SMA/SMK di Sumatera Selatan. Tiap sekolah diwakili lima orang, yang lolos babak kualifikasi sebelumnya.

Aturan main dari Sang Juara, peserta menjawab soal benar dan salah dari pembawa acara. Apabila jawaban dirasa benar, angkat lembar bertanda contreng warna hijau dengan tangan kanan. Lalu jika jawabannya dianggap salah, angkat lembar bertanda silang warna merah.

Peserta yang salah dalam menjawab harus meninggalkan arena hingga tinggal menyisakan dua puluh besar, untuk memperebutkan juara satu hingga sepuluh. Pemenang selain mendapatkan trofi, juga uang tunai dari Bank Sumsel Babel dan bingkisan menarik dari pihak sponsor. Mereka yang gagal masuk 20 besar juga mendapatkan bingkisan.

Acara ini juga dimeriahkan aksi Sahara Distie, bintang radio nasional dan Putri Sriwijaya 2019 Eni Mona Jansen, yang memberikan motivasi kepada peserta. CIT

Berikut pemenang Grand Final Sang Juara, Kamis (28/11):

Juara 1 : Tasya Gita Salsabilla (SMAN Sumsel)
Juara 2 : Tasya Diandra Aulia (SMAN Sumsel)
Juara 3 : Gallang Abdi Persada (SMAN 6 Palembang)
Juara 4 : M Wafi Al-Dourah (SMAN 22 Palembang)
Juara 5 : Dela Shepyah (SMAN 3 Palembang)
Juara 6 : Yasmin Adelia (SMAN 1 Inderalaya Utara)
Juara 7 : Citra Aulia (SMAN Sumsel)
Juara 8 : Aisyah Rezki Nadiva (SMAN 3 Palembang)
Juara 9 : Novita Indah Sari (SMAN 1 Talang Kelapa)
Juara 10 : Tiara Yunita (SMAN 22)

Piala bergilir: SMAN Sumatera Selatan
Suporter terbaik: SMA Darma Bakti Palembang
Sekolah terbaik: SMAN 22 Palembang

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here