Home Parlemen & Politik Empat Dugaan Pelanggaran Pemilu Teregistrasi

Empat Dugaan Pelanggaran Pemilu Teregistrasi

0
Aktifitas di Sentra Penegakkan Hukum Terpadu (Gakkumdu) OKU Selatan.

MUARADUA. PE – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan, memastikan dari 7 laporan dugaan pelanggaran Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2019, terdapat empat laporan diantaranya teregistrasi.

Koordinator Penindakan dan Pelanggaran Gakkumdu Bawaslu OKU Selatan Amrullah SAg mengatakan, sejak 14 April hingga sesudah pemungutan suara 17 April lalu total keseluruhan laporan ada 7 laporan.

“Total ada tujuh laporan, dan terdapat laporan yang telah terregistrasi,” ujarnya disampaikan Koordinator Divisi Penindakan, Eveng, belum lama ini.

Dikatakannya, dari ketujuh jumlah laporan itu terdapat empat laporan ysudah diregestrasi atau yang dapat diproses ke tahap penyelidikan selanjutnya.

“Keempat laporan dugaan pelanggaran teregistrasi tersebut yakni di Kecamatan Muaradua Kisam, Pulau Beringin, Buay Pemaca, dan Buay Rawan,” imbuhnya.

Dijelaskannya, dugaan pelanggaran terjadi mayoritas kesalahan pada formulir C1, seperti di Kecamatan Buay Pemaca tidak mendapat hak pilih, Kecamatan Muaradua Kisam diduga penghilangan surat suara, Kecamatan Buay Rawan Pembukaan Kotak Suara dan Kecamatan Pulau Beringin Penghilangan Suara.

Kedua berkas telah diregestrasi tersebut, sebagai langkah awal, untuk dikaji dengan pihak kepolisan dan juga dari pihak kejaksaan yang tergabung di Gakumdu dalam proses penyelenggaraan Pemilu.

“Dalam menangani perkara pelanggaran dalam Pemilu kita harus mengikuti mekanisme ditentukan. Dari tahap awal pelaporan hingga keputusan yang nantinya akan di plenokan oleh Gakumdu. Disanalah kita tahu unsur pelanggaranya,” tandasnya. DRE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here