Home Sumsel Gali Budaya Lokal Muratara, Disbudpar akan Gelar Lomba Lagu Daerah

Gali Budaya Lokal Muratara, Disbudpar akan Gelar Lomba Lagu Daerah

0
Kantor Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Muratara.

MURATARA, PE- Bertujuan mengali budaya lokal dalam bidang seni musik dan lagu daerah untuk dipantenkan menjadi ciri khas lagu daerah, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disbudpar) Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara) akan gelar lomba bernyanyi lagu daerah, Kamis (7/11).

Kategori yang dilombakan yakni nyanyi lagu daerah Kabupaten Muratara dan bermain gitar tunggal, dengan tahap pendaftaran yang sebelumnya 4-8 November, diperpanjang hingga 14 November 2019. Grand final mulai dari 18-20 November 2019 mendatang.

Seperti disampaikan langsung Kepala Disbudpar Muratara, Titin Martini melalui Kabid Pengembangan kebudayaan dan Kesenian Daerah Hosia, SH.MM, pelaksanaan grand final lomba lagu daerah dan gitar tunggal itu bersamaan dengan kegiatan Festival Danau Rayo yang akan dipusatkan di lokasi wisata itu.

Dalam lomba tersebut peserta akan menyanyikan lagu daerah Kabupaten Muratara yang telah pihaknya tentukan, dan gratis tidak dipungut biaya. Siapapun boleh ikut karena tidak ada pembatasan umur, dengan syarat identitas KTP dari Kabupaten Muratara. Untuk pemenaang nantinya diambil 21 orang, yakni 10 untuk lomba lagu dan 11 orang lomba gitar tunggal.

“Melalui kegiatan seperti inilah kami berupaya menggali kesenian lokal, khususnya seni bernyanyi dan bermain alat musik khas Bumi Berselang Serudingan atau tembang daerahnya. Nantinya lagu ini akan kita patenkan, untuk menjadi ciri khas tembang lagu daerah Muratara,” ungkapnya. SON

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here