Home Ekonomi Go Food jadi Pintu UMKM Palembang Melek Transaksi Digital

Go Food jadi Pintu UMKM Palembang Melek Transaksi Digital

0

PALEMBANG, PE – Setelah bergabungnya Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Palembang ke Go-Food ikut berperan dalam membuka akses literasi keuangan digital dan pembayaran non tunai secara luas. Umumnya dari UMKM baru mengenal pembayaran digital sejak bergabung dengan Go-Jek.

Demikian disampaikan Wakil Kepala Lembaga Demografis Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (LD FEB UI), Jumat (10/5). Menurutnya, berdasarkan Riset  menunjukan 82% UMKM pertama kali menerima pembayaran non-tunai setelah bergabung dengan Go-Food. Tidak hanya itu, setelah bergabung dengan platform ini, UMKM ini menikmati rata-rata peningkatan omzet 100%.

“Riset ini dilakukan di beberapa wilayah Indonesia termasuk Palembang dengan menggunakan metode kuantitatif melalui wawancara tatap muka. Penentuan responden penelitian dilakukan dengan pencuplikan acak sederhana (simple random sampling) dari database mitra yang aktif dalam tiga bulan terakhir,” ujarnya.

Ia menyebutkan, jumlah responden di Palembang adalah mitra pengemudi roda dua GO-RIDE (385 responden), mitra pengemudi roda empat GO-CAR (50 responden), dan mitra UMKM GO-FOOD (100 responden). Riset ini merupakan salah satu riset dengan skala dan cakupan terbesar pada industri ekonomi digital Indonesia dengan sampel penelitian mewakili populasi mitra pengemudi, mitra UMKM, dan GO-LIFE di wilayah penelitian.

“Bahkan pertumbuhan kontribusi mitra UMKM Go-Food ini antara lain disebabkan oleh optimalisasi fitur teknologi GOJEK yang semakin gencar digunakan oleh mitra UMKM GO-FOOD, sehingga khusus mitra UMKM berkontribusi hingga Rp601 miliar pertahun,” kata Paksi. DYN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here