Home Palembang Gubernur Minta THR Dibayar H-7 Lebaran

Gubernur Minta THR Dibayar H-7 Lebaran

0
H Herman Deru, Gubernur Sumatera Selatan.

PALEMBANG, PE – Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel), Herman Deru menargetkan pembayaran Tunjangan Hari Raya (THR) untuk para Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumsel dibayarkan H-7 sebelum Lebaran Idul Fitri.

Hal ini menyusul adanya peraturan baru yang diterbitkan terkait pencairan THR ASN, yakni Peraturan Pemerintah tentang THR ASN Tahun 2019 Pasal 35, 36 dan Pasal 10 ayat 2. Aturan ini menjelaskan bahwa teknis pemberian THR yang bersumber dari APBD diatur dengan Peraturan Daerah (Perda).

“Soal itu (THR) jadi sudah ada imbauan dari Mendagri (Menteri Dalam Negeri), bisa pakai Perkada (Peraturan Kepala Daerah). Saya sudah terima telegramnya, dan sudah dicek, nominalnya satu bulan gaji,” ungkap Deru.

Dia juga menegaskan, pemberian THR paling lambat H-7 lebaran, tidak hanya bagi ASN namun juga berlaku bagi seluruh Perusahaan. “Jadi ini untuk semuanya baik perusahaan, ASN saya targetkan paling lambat H-7 THR sudah dicairkan,” tegasnya.

Dikatakan Herman Deru, terkait Perkada tersebut saat ini sedang dalam proses perancangan, namun ia memastikan penyelesaian rancangan Perkada tidak memakan waktu lama.

“Perkada ini kan bisa dibuat satu jam, namun ada administrasi dan data-data yang perlu dilengkapi. Tapi sebelum H-7 lebaran harus sudah clear,” jelasnya.

Sebelumnya, Kepala Bidang (Kabid) Anggaran, Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Sumsel, Zainal mengatakan, terkait THR belum ada instruksi resmi dari Presiden. “Untuk itu kita masih menunggu intruksi resmi dari Presiden. Terkait adanya isu bahwa bakal cair 24 Mei menurutnya belum bisa dipastikan,” ujar dia.

Lebih lanjut dia mengatakan, kalau biasanya gaji 13 dan 14 itu cairnya di Juni atau Juli. Namun mengingat lebarannya di Juni biasanya akan cair sebelum lebaran. “Tapi sejauh ini belum ada juknisnya. Nanti kalau sudah ada akan kami infokan. Biasanya untuk pencairan gaji 13 dan 14 tidak berbarengan, misal gaji 13 dulu nanti baru gaji 14,” jelasnya.

Sementara itu terkait kenaikan gaji ASN sebesar 5 persen menurut Zainal sudah dibayarkan di April. “Kenaikan gaji ASN yang 5 persen sudah kita rapel dari Januari dan dibayarkan April,” ungkapnya.

Ia pun mengatakan, anggaran untuk gaji dan tunjangan ASN di lingkungan Pemprov Sumsel totalnya berkisar Rp 1,2 triliun untuk tahun 2019. Sedangkan untuk gaji, tunjangan dan TPP totalnya berkisar Rp 1,8 triliun.

“Untuk gaji ASN ini tergantung golongan dan eselon, misal gaji terkecil golongan IA untuk 0 tahun Rp 1,5 juta dan gaji eselon I berkisar Rp5,9 Jutaan,” tukasnya. BET

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here