Home Palembang Guru Diminta Pahami Psikis Siswa Filial

Guru Diminta Pahami Psikis Siswa Filial

0
Wali Kota Palembang Harnojoyo saat meluncurkan program sekolah filial, beberapa waktu lalu.

PALEMBANG.PE- Sebanyak 113 siswa filial jenjang SMP yang bersekolah di SMP Negeri 19 Palembang, terus menjalani adaptasi lingkungan sekolah yang baru. Bahkan, pihak sekolah mengedukasi guru agar paham tentang psikis mereka.

“Setiap guru kita bekali informasi tentang bagaimana kondisi mereka. Ada yang putus sekolah lama. Guru harus paham psikologis mereka agar bisa beradaptasi dengan cepat,” kata Kepala SMP Negeri 19 Palembang Drs Maju P Simanjuntak MSi, Sabtu (19/10).

Dikatakannya, pihaknya telah mendata sebanyak 113 siswa program filial dari Pemerintah Kota Palembang melalui Dinas Pendidikan yang sedang diusulkan Data Pokok Pendidikan (Dapodik) agar tercatat sebagai siswa SMP Negeri 19 Palembang.

“Pada prinsipnya kami senang dipercaya oleh Dinas Pendidikan Kota Palembang menjadi pusat belajar bagi anak jalanan dan anak putus sekolah,” ujarnya.

Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan Kota Palembang H Ahmad Zulinto mengatakan, bahwa pihaknya terus mengupayakan agar program sekolah filial menghasilkan lulusan yang berkualitas.

“Untuk SD memang kita pindahkan ke sekolah terdekat tempat ia tinggal dan kepala sekolah wajib menerima mereka,” jelasnya.
Saat ini pihaknya sedang menyiapkan seragam bagi siswa sekolah filial, jenjang SD maupun SMP.

“Artinya program ini terus kita kembangkan dan evaluasi karena kita berharap siswa sekolah filial ini berprestasi,” tukasnya.

Sejumlah sekolah filial yang disediakan Pemkot Palembang melalui Disdik Kota, yakni SDN 238, SMPN 19, dan SMAN 11. Keberadaan sekolah filial ini, diharapkan mampu mengakomodir anak putus sekolah. Keberadaan sekolah ini tidak terlepas dan dukungan stakeholder yang berasal dari pemerintah, akademisi, dan lembaga swadaya masyarakat. CIT

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here