Home Parlemen & Politik H-2 Banyak Warga Belum Terima Formulir C6

H-2 Banyak Warga Belum Terima Formulir C6

0

SEKAYU,PE- Menjelang Pemilihan Umum (Pemilu) serentak Rabu 17 April 2019, ternyata sejumlah warga di beberapa kecamatan dalam Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) hingga H-2 kini belum menerima undangan dari petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) atau formulir C6.

Seperti diutarakan, Aprianti warga Kelurahan Balai Agung Kecamatan Sekayu hingga kini belum menerima surat formulir C6.

“Kalau dak ado undangan, aku ndak galak datang ke TPS. Pemilihan Gubernur lalu saja sama tidak ada undangan, tapi tetap datang. Tapi dipanggil siang jam 12.00 WIB. Namun, kini lagi dak katek undangan buat Pemilu tahun ini,” ungkap Apri ditemui awak media.

Sementara, menyikapi hal tersebut, Ketua Ormas Sarina Srikandi Serasan Sekate, Satoto Waliun menyayangkan, jika masih banyaknya warga yang belum mendapat formulir C6.

“Persoalan surat undangan formulir C6 ini seringkali terjadi setiap penyelenggaraan pemilihan umum seperti Pilbub dan Pilgub kemarin. Banyak warga yang tidak menyalurkan haknya karena hal sepele seperti ini. Selain itu yang menjadi pertanyaan kenapa hanya warga-warga itu saja yang setiap ada pemilu tidak mendapatkam C6, padahal mereka terdaftar di DPT,” ungkapnya.

Lanjutnya, dia mempertanyakan juga apakah pedataan verifikasi yang dilakukan oleh pihak KPU itu benar- benar dilakukan, sebab persoalan yang sering terjadi ketika ada pemilu tidak jauh dari pendataan.

Dan juga, dari pihaknya meminta agar pihak KPU, untuk memberikan instruksi kembali kepada petugas TPS untuk segera memberikan formulir C6, sebab ini sudah mendakati hari pencoblosan.

“Bagaimana kita mau mengedukasi warga mengajak warga untuk meningkatkan partisipasi memilih, jika pendataan saja masih menjadi pertanyaan dan persoalan, “imbuhnya,

Terpisah, Komisiner KPU Kabupaten Muba Divisi Teknis Penyelenggara, Khoirul Anam, ketika dikonfirmasi awak media mengatakan pihaknya berterima kasih kepada masyarakat yang telah menyampaikan hal ini kepada pihak KPU.

Baca Juga  Jaringan Lemot, KPU Muba Akui Kesulitan Scan dan Entry Data

“Kami akan segera instruksikan kepada seluruh jajaran PPK dan PPS KPPS untuk segera menyelesaikan surat undangan formulir C6, untuk disampaikan kepada warga,’’ tegasnya.

Pihaknya juga memberikan pengertian kepada masyarakat bahwa, meski tidak mendapat surat undangan (formilir C6), masyarakat yang namanya terdaftar di DPT tetap diperbolehkan untuk menyalurkan hak pilihnya.

“Dengan menggunakan e-KTP atau Surat keterangan (Suket) dari Disdukcapil yang menerangkan bahwa mereka sudah melakukan perekaman. Mari salurkan hak pilih kita. Ayo datang ke TPS pada hari Rabu, 17 April 2019. Satu suara anda menentukan 5 tahun nasib bangsa,” tandasnya. MUH

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here