Home Palembang Herman Deru Buka Kongres Nasional IGES

Herman Deru Buka Kongres Nasional IGES

0

PALEMBANG, PE – Gubernur Sumatera Selatan H Herman Deru membuka Kongres Nasional kedelapan Indonesian Gynecological Endoscopy Society (IGES) di Ballroom Hotel Novotel, Sabtu (12/10). Kegiatan dihadiri Presiden Asia Pasipik Gynecological Endoscopy dr Wachyu Hadisaputra sekaligus penasihat IGES.

Juga hadir Presiden IGES Dr MS Chan, Ketua POGI Sumsel dr Kemas Yusuf Effendi, dan Ketua Panitia IGES Palembang dr H Adnan Abadi. Panitia juga menghadirkan pembicara dari luar negeri, seperti Jimi Nomura dari Jepang dan Yap Lee Kin (Singapura).

Dalam sambutannya, Herman Deru menyinggung soal penyebaran dokter spesialis kandungan di Sumsel, yang dirasa belum merata. “Populasi di Palembang hanya 20 persen dari penduduk di Sumsel. Warga Sumsel tersebar di pelosok, bahkan kawasan hutan. Mereka butuh perhatian,” ujarnya.

Ia mengatakan, masih sangat minim dokter di pedesaan, apalagi dokter spesialis kandungan. “Hanya ada bidan di desa,” ucapnya. Selain itu, ia juga menyinggung soal Perpres 82 tahun 2018 tentang Jaminan Kesehatan. Pada pasal 102 berisi tentang larangan daerah untuk membuat program kesehatan sendiri.

“Di pasal itu menjelaskan, semua muara pelayanan harus kembali ke Jaminan Kesehatan Nasional. Sumsel ini sangat mampu untuk memberikan Jamkesda kepada masyarakat,” ujarnya.

Permasalahan lain, ia melanjutkan, belum semua warga tergerak untuk membayar asuransi kesehatan. “Di masyarakat kita masih sering terjadi di saat butuh layanan baru mau membayar premi asuransi. Butuh sosialisasi yang masif terkait persoalan ini,” tukasnya. CIT

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here