Home Advertorial Implementasikan Dasa Darma Pramuka dengan Berbagi Takjil dan Bukber

Implementasikan Dasa Darma Pramuka dengan Berbagi Takjil dan Bukber

0
Dewan Pembina Kwarcab Gerakan Pramuka Muaratara saat membagikan takjil kepada para pengunaan Jalan.

MURATARA, PE- Untuk mengamalkan isi dari Dasa Darama yang bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, Kwartir Gerakan Pramuka Cabang Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara) menggelar kegiatan bagi-bagi takjil kepada masyarakat dan buka bersama (bukbar).

Kegiatan yang digelar di Kelurahan Muara Rupit Kecamatan Rupit, diikuti seluruh anggota Kwartir Gerakan Pramuka Cabang  Muratara, Rabu (29/5).

Foto bersama Ketua Kwarcab Bastari Ibrahim bersama Dewan Kwarcab.

Bagi takjil dan bukber yang digelar  dan merupakan agenda rutin tahunan itu, dihadiri Kepala Disdsdik Kabupaten Muratara yang diwakili Pelaksana Kasi Kurikulum Disdik, Yalasri. Selain itu, sekaligus digelar rapat koordinasi Kwarcab, salat bersama dan makan malam bersama anggota Kwarcab.

Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Cabang Kabupaten Muratara,  A. Bastari Ibrahim SH kepada Palembang Ekspres mengatakan, kegiatan bagi takjil dan bukber merupakan agenda rutin yang selalu dilaksanakan setiap tahunnya, sebagai bentuk pengamalan dari isi Dasa Darma yang pertama yakni bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Pembagian takjil oleh anggota Dewan Kwarcab kepada masyarakat.

Menurutnya, Inilah implementasi pengamalan Darma itu kepada lingkungan sekitar, karena Pramuka itu merupakan kegiatan yang baik dalam pembinaan karakter bangsa. Juga sebagai organisasi yang metodenya jelas dalam membina karakter anak bangsa dari tingkat kecil, Siaga, Penggalang, Penegak dan Pandega yang merupakan tingkat sudah mahasiswa.

Makan malam bersama Ketua dan Dewan Kwarcab beserta seluruh anggota Kwarcab.

“Kedepan kita mengajak anak-anak untuk dapat aktif di Pramuka ini secara nyata, karena berpotensi membina karakter generasi muda. Juga Pramuka juga jelas tidak ada satupun yang terlibat dalam narkoba, dan terpenting adalah dengan Pramuka itu disiplin,” ungkapnya.

Sementara diungkapkan Pelaksana Kurikulum Disdik Muratara, Yalasri, karena kegiatan Pramuka itu merupakan bentuk kegiatan pembinaan kepemudaan.

Kegiatan buka puasa bersama Kwarcab Cabang Kabupaten Muratara.

“Kedepan kita harapkan ilmu kepramukaan itu bisa diajarkan kepada guru-guru di sekolah yang ada kaitanya dengan 413, yang nantinya akan mengikutkan guru-guru dalam kursus mahir dasar hingga mahir KML,’’ ujarnya.

Terpisah, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten melalui Kabid Dikdas Abdul Kadir menyampaikan bahwa Pamuka ini merupakan induk dari semua kegiatan ekstrakurikuler di sekolah-sekolah. Dengan wadah inilah dapat dijadikan ajang pelatihan dini dalam pembentukan karakter siswa/siswi di sekolah, karena sudah tertuang dalam 10 Dasa darma, untuk dapat melahirkan putra-putri terbaik Kabupaten Muratara kedepan.

Rapat Koordinasi Kwarcab Gerakan Pramuka Cabang Muratara.

“Dengan adanya Kwarcab Muratara ini diharapakan kedepan adanya pelatihan Kursus Mahir Dasar (KMD), untuk membina platih-pelatih yang ada di sekolah-sekolah. Bagi yang telah KMD juga dilanjutkan ke Kursus Mahir Lanjutan (KML). Karena Pembina ini sangat diperlukan menambah wawasan yang matang, dalam membina kepramukaan di sekolah-sekokah,” harapnya. SON/ADV

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here