Home Headline News Longsor, Jalinsum Lahat-Pagaralam Lumpuh Total

Longsor, Jalinsum Lahat-Pagaralam Lumpuh Total

0

Lalin Dialihkan ke Gumay Ulu
LAHAT, PE – Belum hilang diingatkan, Senin (30/12/2019) silam, curah hujan yang tinggi hingga membuat Sungai Mulak membanjiri Desa Keban Agung, Kecamatan Mulak Sebingkai, dan juga membuat jembatan penghubung Desa Pengentaan-Lesung Batu, Mulak Ulu ambruk.

Kini, Ahad (5/1/2020), sekitar pukul 04.30 WIB, masyarakat Lahat dikejutkan dengan tanah longsor, tepatnya di Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) menghubungkan Lahat-Kota Pagaralam, di Tebing Terkul, Kecamatan Pulau Pinang. Setidaknya, kurang lebih enam titik longsor. Tidak hanya material tanah saja, bebatuan dan pohon ikut roboh, sehingga arus lalu lintas (lalin) lumpuh totol

Roni (36), warga Kota Pagaralam sempat ditemui mengatakan, dirinya pulang dari liburan bersama keluarga, dan hendak ke Pagaralam. Rupanya setelah melewati Desa Tanjung Mulak, Kecamatan Pulau Pinang, berjarak kurang lebih 300 meter tidak bisa dilintasi.

“Samo sekali idak pacak lewat dek, kakak bae ngubungi kawan di Desa Kedaton, Kecamatan Pagar Gunung, ujinyo ado enam titik longsor. Jadi lumpuh total,” terangnya. Ia menambahkan, arus lalu lintas (lalin) dialihkan ke jalan alternatif menuju Gumay Ulu menuju Pagaralam.

“Petugas Koramil, Polsek, Polres dan Satlantas Lahat sudah di tempat kejadian, seluruh kendaraan yang nak ke Pagaralam, dialihkan ke Gumay Ulu,” beber Roni.

Senada, Irham (45) warga Desa Kedaton, Kecamatan Pagar Gunung menyampaikan, tanah longsor ada enam titik, dan pihaknya sudah meminta bantuan alat berat perusahaan galian C, tidak jauh dari tempat kejadian supaya dibuldozer. “Sudah kami kontak perusahaannyo, satu unit alat berat turun buat bersihkan material tanah bercampur batu dan pohon,” tandasnya. BRN

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here