Home Parlemen & Politik Jaringan Lemot, KPU Muba Akui Kesulitan Scan dan Entry Data

Jaringan Lemot, KPU Muba Akui Kesulitan Scan dan Entry Data

0
Ilustrasi rekapitulasi penghitungan suara melalui Situng KPU, Foto diambil Sabtu (20/4). (Miftahul Hayat/Jawa Pos).

SEKAYU,PE- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Musi Banyuasin hingga saat ini kesulitan dalam nelakukan entry maupun scan data C1. Hal itu bukan disengaja, melainkan terkendala jaringan dan server yang lemot.

“Memang terkendala jaringan dan server yang lemot. Kita baru bisa lakukan scan dan entry data, namun belum diverifikasi, sehingga belum bisa tampil di Website KPU RI. Ini semua kami tegaskan tidak ada kesengajaan atau kecurangan terkait penghitungan suara, ini murni faktor teknis,” ungkap Komisioner Divisi Teknis Penyelenggara, Khoirul Anam, Rabu (24/4).

Dia menerangkan, belum tampilnya di Website KPU RI, karena terdapat sejumlah kendala teknis yang saat ini tengah dihadapi oleh pihaknya. Selain itu jumlah verifikator yang disetujui oleh KPU RI hanya 1 orang. “Makanya lambat,” kata Anam

Kendati begitu, lebih lanjut Anam menambahkan, bahwa saat ini proses penghitungan surat suara tengah berlangsung di sejumlah kecamatan. Dimana dalam proses tersebut memerlukan waktu yang cukup lama dan ketelitian dari Panitia Penghitungan Kecamatan (PPK) yang saat ini tengah bekerja, guna menghindari terjadinya kesalahan-kesalahan mendasar.

“Proses (penghitungan) berjenjang, setelah dari PPK, masih akan dilakukan lagi (penghitungan) di KPU dan KPU RI,”jelasnya.

Sehingga jika ada kesalahan dalam pleno penghitungan di tingkat PPK, nantinya dapat betulkan atau diperbaiki ditingkat KPU dengan catatan harus melampirkan bukti-bukti yang cukup.

“Jika ada kesalahan penghitungan silahkan sampaikan ke kita (KPU Muba) dan Bawaslu, bukan ke medsos, mari kita kawal bersama-sama proses ini,” tegasnya.

Sementara, Kasubag Teknis dan Humas KPU Muba, M Ali mengatakan, dari seluruh kecamatan di Kabupaten Muba baru ada 6 PPK yang telah selesai melakukan penghitungan suara ditingkat kecamatan.

“Per hari ini, sudah ada 6 PPK yang menyelesaikan rekapitulasi suara yakni Kecamatan Sungai Keruh, Babat Toman, Plakat Tinggi, Keluang, Batang Hari Leko dan Sungai Lilin. Sisanya masih dalam proses,” tandasnya. MUH

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here