Home Headline News Jelang Pemilu, Polres Muba Simulasi Sipamkota

Jelang Pemilu, Polres Muba Simulasi Sipamkota

0
BENTROK : Massa melakukan bentrok dengan Kepolisian dan TNI pada kegiatan Simulasi Sipamkota di depan Kantor KPU Muba

SEKAYU,PE- Dalam rangka menghadapi pemilihan umum (pemilu) serentak yang akan dilakukan pada 17 April mendatang. Polres Musi Banyuasin (Muba) melaksanakan kegiatan pra simulasi Sistem Pengamanan Dalam Kota (Sipamkota), di depan kantor KPU Muba, Selasa (12/3).

Kapolres Muba, AKBP Andes Purwanti SE MM mengatakan, dalam kegiatan simulasi ini pihaknya melibatakan 250 personel dari Polres Muba dan 70 personel Kodim 0401 Muba. Yang mana simulasi Sipamkota menjelang pelaksanaan pemilihan Presiden dan wakil Presiden serta pemilihan legislatif.

“Dalam simulasi yang kita lakukan dimulai pengawalan kotak suara dari TPS menuju kantor KPU, lalu dihadang oleh sekelompok massa yang tidak puas dengan hasil pemilihan dan berhasil ditenangkan oleh Bhabinkamtibmas dan Bhabinsa.
Selanjutnya atas ketidakpuasan tersebut, disimulasikan sekelompok massa yang lebih besar mendatangi kantor KPU guna menuntut adanya pemilihan ulang,” ungkap Andes.

Setelah itu, lanjutnya, oleh tim negosiator dengan peleton kerangka dihadapin setelah dilakukan negosiasi yang cukup alot, masa tidak terima dengan hasilnya hingga timbul kericuhan yang bersifat anarkis. “Nah, guna membubarkan kerumunan massa satu unit mobil water canon diterjunkan dan akhirnya membubarkan diri,” ujarnya.

Selan itu, pihaknya juga ingin meningkatkan kemampuan personel agar personel kita dapat memahami tugas pokok dan fungsi serta peran masing masing. “Ini semua merupakan kesiapan dan langkah antisipasi yang kita harapkan tidak terjadi di Muba dan untuk penangan kita selalu mengedepankan kegiatan persuasif,” tandasnya.SAF

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here