Home Headline News Kapolda Sumsel Lolos 10 Capim KPK Pilihan Pansel

Kapolda Sumsel Lolos 10 Capim KPK Pilihan Pansel

0
Kapolda Sumsel, Irjen Pol Drs Firli Bajuri M.Si

JAKARTA.PE – Panitia Seleksi Calon Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi atau Pansel Capim KPK telah menyetorkan 10 nama kandidat pimpinan lembaga antirasuah yang lolos seleksi, kepada Presiden Joko Widodo alias Jokowi.

Nama-nama itu diserahkan Ketua Pansel Yenti Ganarsih dkk dalam pertemuan dengan Presiden ketujuh RI itu di Istana Merdeka, Jakarta pada Senin sore (2/9).

Menurut Yenti, 10 nama yang lolos tersebut berasal dari berbagai latarbelakang profesi, yakni KPK, Polri, Jaksa, auditor BPK dan lainnya.

“Pertama Alexander Marwata, kedua, Firli Bahuri, ketiga I Nyoman Wara,” ucap Yenti menyebut tiga nama pertama saat konferensi pers di Kantor Presiden usai pertemuan.

Sementara Presiden Joko Widodo menerima Pansel Capim KPK, di Istana Merdeka pada Senin (2/9). Pada kesempatan itu, Ketua Pansel Capim KPK Yenti Ganarsih dkk diterima Kepala Negara di ruangan yang berada di samping ruangan kerjanya.

“Terima kasih yang sebesar-besarnya, terhadap kerja keras pansel yang menyeleksi sejak awal, yang sepuluh (nama) saya belum tau. Ini adalah proses panjang yang telah dilalui,” ucap Jokowi.

Saat itu, mantan gubernur DKI Jakarta tersebut didampingi oleh Menteri Sekretaris Negara Pratikno. Pada kesempatan itu pula, Jokowi menyinggung soal transparansi kerja pansel yang diawasi oleh masyarakat.

Dia pun berharap, dalam tahapan seleksi hingga diperoleh 10 nama yang akan diserahkan DPR, Pansel telah mempertimbangkan berbagai masukan dari publik.

“Saya juga minta agar masukan masukan baik dari masyarakat, dari tokoh-tokoh yang telah memberi masukan (sudah dipertimbangkan), sehingga bisa diberi catatan-catatan dalam rangka mengoreksi apa yang telah dikerjakan oleh Pansel,” jelasnya.

Presiden juga menambahkan bahwa dalam menyelesaikan tahapan seleksi capim KPK, pemerintah tidak ingin tergesa-gesa.

“Kita juga kan tak harus tergesa-gesa, yang paling penting menurut saya, apa yang nanti saya sampaikan ke DPR itu betul-betul nama nama yang memang layak,” tandasnya. FAT/JPNN

10 Capim KPK yang lolos seleksi Pansel tersebut:

1. Alexander Marwata (KPK)
2. Firli Bahuri (Polri/Kapolda Sumsel)
3. I Nyoman Wara (Auditor BPK)
4. Johanis Tanak (Jaksa)
5. Lili Pintauli Siregar (Advokat)
6. Luthfi Jayadi Kurniawan (Dosen)
7. Nawawi Pomolango (Hakim)
8. Nurul Ghufron (Dosen)
9. Roby Arya (PNS Sekretariat Kabinet)
10. Sigit Danang Joyo (PNS Kementerian Keuangan)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here