Home Sumsel Kemarau Muncul Lubang-lubang Besar di Desa Setia Marga

Kemarau Muncul Lubang-lubang Besar di Desa Setia Marga

0
Warga Setia Marga menunjukkan lubang galian untuk mendapatkan air bersih yang sudah kering, Selasa (6/8).

MURATARA, PE- Akibat hampir tiga bulan tidak turun hujan dan mengalami kekeringan, sepanjang jalan Desa Setia Marga Kecanatan Karang Dapo Kabupaten Musi Rawas Utara (Muraratara) banyak bermunculan lubang-lubang besar.

Lubang-lubang besar yang sengaja dibuat warga setempat bukan karena untuk membuat bangunan atau proyek, tetapi warga yang bersama-sama mengali lubang hanya untuk mendapatkan air bersih guna memenuhi kebutuhan sehari-hari masyarakat. Soalnya di desa itu, sejak tiga bulan terakhir mengalami krisis air bersih.

Seperti diceritakan, Joni Parkes, warga Desa Setia Marga, munculnya lubang-lubang itu sengaja digali warga hanya untuk mendapatkan air bersih. Karena musim kemarau sudah menginjak tiga bulan terakhir, dan masyarakat kekurangan pasokan air bersih.

Sebenarnya, menurut dia, hal seperti ini baru tahun ini dilakukan masyarakat. Karena sumber mata air sulit sekali didapat, jadi masyarakat bersama-sama gotong royong membuat lubang-lubang itu untuk mendapatkan air bersih. Namun air yang didapat bercampur lumpur, dan perlu ditambahkan obat untuk membersihakan air tersebut.

“Dikhawatirkan jika terus berlanjut kemarau ini mungkin akan menimbulkan korban. Karena akibat kekeringan ini banyak masyarakat yang mengkonsumsi air yang tidak higienis, air yang kotor dan harus dijernihkan mengunakan obat yang berbahan kimia. Semoga hal ini ada solusi baik dari pemerintah setempat atau Pemda Muratara, demi kelangsungan hidup kami,” harapnya.

Dikonfirmasi terpisah, Kepala Desa Setia Marga, Bambang Harianto mengungkapkan, akibat kekurangan pasokan air bersih membuat sebagian warga berinisiatif untuk menggali lubang untuk mendapatkan air bersih. Walaupun kadang hanya bertahan selama satu minggu, kolam atau lubang penampungan air itu sudah kering.

Sedangkan pembangunan sumber air seperti PAM SIMAS dan PDAM, sedang dalam proses pembangunan, dan belum bisa dinikmati oleh masyarakat saat ini. “Semoga di tahun 2020, air bersih untuk desa kami sudah bisa tersalurkan ke masyarakat. “Tetapi saat ini kiranya Pemda Muratara bisa memberikan solusi terhadap warga kami, yang membutuhkan pasokan air beraih,’’ pintanya. SON

Baca Juga  Tingkatkan Ketahanan Keluarga Melalui Pembinaan Kampung KB
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here