Home Ekonomi Kendati di Sumsel Nihil Corona, Pengelola Mal Ambil Kebijakan Tutup Lebih Cepat

Kendati di Sumsel Nihil Corona, Pengelola Mal Ambil Kebijakan Tutup Lebih Cepat

0
Pengelola Palembang Icon menerapkan social distance di fasilitas mal seperti lift yang sudah diberikan tanda di mana pengunjung harus berdiri.

PALEMBANG, PE- Kendati wilayah Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) belum ada pasien yang positif terpapar virus corona, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumsel telah menetapkan status waspada. Di sisi lain, Manajemen beberapa pusat perbelanjaan (mal) di Palembang melakukan penyesuaian jam operasional, langkah ini diambil sebagai upaya mendukung himbauan pemerintah untuk mengurangi mobilitas warga dan mendukung pencegahan penyebarluasan Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) yang meningkat cukup signifikan beberapa hari terakhir.

“Memang benar, kami mengambil langkah antisipasi dengan melakukan penyesuaian jam operasional PIM yang efektif berlaku pada 23 Maret 2020,” ujar Asikin, Public Relation PIM, kemarin.

Untuk Senin-Kamis mulai pukul 11.00-20.00 WIB dan Jumat Sabtu Minggu dan hari libur Nasional 10.000-22.00 WIB, padahal biasanya mal ini buka pukul 10.00 dan tutup pada pukul 22.00 WIB. “Penyesuaian jam operasional ini kami lakukan juga atas masukan dari banyak pelaku-pelaku usaha retail. Dan melalui kebijakan ini kami berharap konsumen dan pemilik usaha dapat menyesuaikan jadwal tenaga kerja dan memastikan karyawan memiliki cukup istirahat untuk terus memberikan pelayanan yang maksimal ke para pengunjung mal,” jelasnya.

Kebijakan ini dibuat sampai dengan 18 April dan pihaknya terus akan memantau perkembangan dan berharap agar situasi segera membaik. “Kami juga mengajak semua untuk turut aktif berdoa dan menjalan pola hidup sehat, sebelumnya PIM juga sudah memberlakukan cek suhu tubuh dan pengunjung diarahkan untuk menggunakan hand sanitizer,” jelasnya.

Hal yang sama juga berlaku di Palembang Icon yang turut melakukan perubahan jam operasional dan sudah berlaku sejak Jumat (20/3). “Kami menyesuaikan jam operasional mal mulai 20 Maret hingga 19 April 2020 sebagai bagian dari upaya intensif kami untuk melindungi masyarakat dari COVID-19,” ungkap Co Ing, Mall Director Palembang Icon.

Baca Juga  Tiga ODP di Empat Lawang Isolasi Mandiri di Rumah

Untuk hari Senin-Kamis jam operasional pukul 11.00 dan tutup pada pukul 20.00 WIB dan Jumat pukul 11.00-21.00 WIB dan Sabtu, Ahad dan hari libur pukul 10.00-22.00 WIB. “Tentunya kesehatan yang utama sehingga penyesuaian kita lakukan dan untuk supermarket serta bank yang ada di Palembang Icon masih beroperasi seperti biasa,” katanya.

Selain itu, Palembang Icon juga menerapkan social distance di fasilitas mal seperti lift yang sudah diberikan tanda dimana pengunjung harus berdiri. Di Palembang Square Mall yang satu grup dengan Palembang Icon juga menerapkan kebijakan baru berupa penyesuaian jam operasional.

Di hari Senin sampai Kamis jam operasi mall mulai pukul 11.00 dan tutup pada 20.00 WIB, di Jumat pukul 11.00 dan tutup pukul 21.00 WIB, serta Sabtu, Ahad dan hari libur buka pukul 10.00 dan tutup pukul 22.00. Kebijakan ini berlaku untuk satu bulan kedepan atau sampai berlaku pada 18 April 2020, untuk tenant seperti Carrefour dan tenant yang menjual kebutuhan sehari-hari masih buka seperti biasa. LA

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here