Home Pendidikan Kerjakan Soal-soal di Rumah, Jawaban Disetor ke Guru Via WA

Kerjakan Soal-soal di Rumah, Jawaban Disetor ke Guru Via WA

0
Ilustrasi seorang siswa sedang belajar di rumah. Foto: Radar Bandung.

PALEMBANG.PE- Selama dua pekan ke depan, mulai Selasa (17/03/2020) hari ini hingga Sabtu (28/03/2020), Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang melalui Dinas Pendidikan memindahkan kegiatan belajar mengajar para siswa SD dan SMP sederajat negeri dan swasta ke rumah masing-masing.

Hal ini terkait upaya mencegah berjangkitnya Virus Corona atau Covid-19 di Kota Palembang. Namun kebijakan itu bukan diartikan sebagai libur, karena para siswa tetap diwajibkan mengerjakan soal-soal yang diberikan wali kelas melalui system daring.

Demikian diakui Elli, salah satu orang tua murid yang anaknya duduk di kelas I salah satu SDN di Kelurahan Sukarami, Palembang.

Menurut Elli, Selasa (17/03/2020) pagi hari dia sudah mendapat informasi dari wali kelas sang anak bahwa tatap muka di sekolah ditiadakan selama 2 pekan ke depan dan diganti dengan belajar di rumah.

“Selanjutnya via grup WhatsApp (WA) kita mendapatkan soal-soal yang harus dikerjakan para murid untuk hari ini. Jika sudah selesai, nantinya hasil pekerjaan murid dikirimkan kembali ke guru via pesan WA. Setiap hari selama 2 minggu anak-anak mendapat tugas yang harus diselesaikan, dan disetor ke gurunya pada hari itu,’’ jelas PNS di salah satu instansi pemerintah ini.

Elli mengaku senang, dengan kebijakan tidak sekedar meliburkan anak-anak sekolah selama 2 pekan ke depan, tapi tetap mewajibkan mereka mengerjakan soal-soal di rumah, layaknya tatap muka di sekolah.

“Takutnya kalau hanya diliburkan, anak-anak malah main ke mana-mana. Jadi kesannya percuma. Lebih bagus seperti ini, anak tetap tetap berada di rumah hingga terhindar dari kemungkinan terpapar Virus Corona, tapi tidak tertinggal dalam pelajarannya,’’ ungkapnya.

Senada diungkap Ida, warga Batujajar, Palembang. Dia mengaku, guru tempat sekolah anaknya juga mewajibkan untuk mengerjakan soal-soal yang dibagikan via grup WA untuk dikerjakan sebagai pekerjaan rumah hari ini.

Baca Juga  Pasien Positif Corona di Sumsel Jadi 2 Orang

“Semoga ini cepat selesai, agar anak-anak bisa kembali belajar di sekolah seperti hari-hari biasanya,’’ ujarnya.

Sebelumnya, Kadisdik Palembang, Ahmad Zulinto. Menegaskan bahwa menindaklanjuti hasil Keputusan rapat dengan Sekda dan Pak Wali Kota Palembang dalam upaya antisipasi terhadap penyebaran Virus Corona, peserta didik dari PAUD hingga SMP diliburkan untuk kemudian belajar di rumah masing-masing,” ujar Zulinto.

Dikatakannya, saat libur sekolah, perangkat sekolah diharapkan memberikan tugas kepada peserta didik, terutama peserta didik kelas 6 SD dan kelas 9 SMP dalam rangka menghadapi Ujian Sekolah. SLS

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here