Home Ekonomi Kopi OKU Timur Siap Dipasarkan

Kopi OKU Timur Siap Dipasarkan

0
Camat Jayapura Sugiyarto SE, MM dengan produk kopi khas daerahnya yang siap dipasarkan.

MARTAPURA,PE-Kabupaten OKU Timur memiliki potensi komoditi kopi di Kecamatan Jayapura, salah satu daerah yang dijadikan sebagai sentra perkebunan kopi di Bumi Sebiduk Sehaluan.

Camat Jayapura Sugiyarto SE, MM mengatakan, saat ini lahan perkebunan kopi milik Desa Kambang, Desa Waysalak dan Desa Condong kurang lebih 26 hektar. Jenis kopi yang dibudidayakan berupa kopi robusta. Sedangkan untuk hasil panen dari lahan tersebut bisa mencapai 1,5 ton kopi kering.

“Untuk hasil panen dijual ke pedagang pengepul dan kalangan. Karena itu kedepan akan dicarikan solusi, agar pemasaran kopi yang dihasilkan petani bisa dijual dengan lebih terarah dan harga yang tinggi,” katanya.

Lebih lanjut dia menambahkan, pihaknya akan berupaya untuk melakukan pengembangan kebun kopi dan hortikultura. Mengingat potensi perkebunan kopi di Kecamatan Jayapura sangat besar, dan bisa meningkatkan perekonomian masyarakat.

Saat ini lanjutnya, sudah ada kelompok Usaha Peningkatan Penghasilan Keluarga (UP2K) yang dikelola BUMDes, sehingga hasil kopi sudah bisa diolah menjadi kopi bubuk. Untuk pengembangan usaha ini akan membuat izin operasional, agar pelaku UP2K bisa memasarkan produk kopi ke pasar moder maupun tradisonal.

“Potensi perkebunan kopi cukup menjanjikan, sesuai arahan Pak Bupati, kopi yang kita hasilkan bisa dikemas dengan baik dan bisa dijual dengan harga yang menguntungkan bagi petani maupun pelaku usaha,” timpalnya. NIA

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here