Home Parlemen & Politik KPU Muba Butuhkan 13.118 Petugas KPPS

KPU Muba Butuhkan 13.118 Petugas KPPS

0
Jajaran KPU Muba saat menyatakan tengah melakukan perekrutan ribuan anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS).

SEKAYU,PE- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Musi Banyuasin tengah melakukan perekrutan ribuan anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS).

Komisioner KPU Kabupaten Muba, Divisi Penyelenggara, Khoirul Anam SE mengatakan, perekrutan KPPS akan berlangsung sesuai tahapan yang diatur Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum Pasal 352 ayat 2 huruf c, Peraturan KPU Nomor 3 Tahun 2018.

Juga sebagaimana diubah ke dalam Peraturan KPU Nomor 36 Tahun 2018 tentang Pembentukan dan Tata Kerja PPK, PPS dan KPPS dan Peraturan Nomor 32 Tahun 2019 tentang Tahapan, Program dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Umum Tahun 2019.

“Nah, kita sudah tengah merekrut dari Febuari lalu hingga akhir Maret nanti. Setelah itu akan diumumkan,” kata Khoirul, ditemui dikantor KPU Kabupaten Muba, Kamis (14/3).

Untuk jumlah anggota KPPS, dibutuhkan 13.118 yang akan disebar ke 1.874 di desa maupun kelurahan se Kabupaten Muba. Tidak hanya itu, petugas KPPS yang dibutuhkan tiap tempat pemungutan suara (TPS) sebanyak tujuh orang. Selain petugas KPPS juga ada anggota Linmas sebanyak dua orang yang akan berjaga di tiap TPS.

“Jadi selain KPPS kita akan rekrut juga anggota Linmas dengan jumlah dibutuhkan 3.748 orang,” ujarnya.

Perlu diingatkan juga, lanjut Khairul, bahwa dalam perekrutan tengah berlangsung, haruslah memenuhi persyaratan sesuai PKPU yang ada baik itu bersifat umum maupun adminitrasi.

“Selain itu, calon anggota KPPS juga tidak pernah menjadi anggota KPPS dua periode. Dua periode artinya, tidak pernah menjadi penyelenggara pada tingkatan yang sama sebanyak dua kali pada Pemilu atau Pilkada,” tandasnya. MUH

Baca Juga  Parpol Tak Lapor LPPDK, Caleg Terpilih Terancam Tak Dilantik

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here