Home Headline News Lewat Lomba Mewarnai, Tanamkan Kecintaan Anak pada Museum

Lewat Lomba Mewarnai, Tanamkan Kecintaan Anak pada Museum

0
Peserta lomba menggambar dan mewarnai koleksi Museum Negeri Provinsi Sumatera Selatan Balaputra Dewa tingkat Raudhatul Athfal se Kota Palembang, tampak meluber hingga selasar museum. FOTO: ALHADI FARID/PALPRES.

PALEMBANG.PE- Lomba menggambar dan mewarnai koleksi Museum Negeri Provinsi Sumatera Selatan Balaputra Dewa tingkat Raudhatul Athfal (jenjang pendidikan anak usia di bawah enam tahun) se Kota Palembang, berlangsung meriah.

Sebanyak 3.000 anak, yang merupakan siswa Raudhatul Athfal ikut serta berikut orangtua mereka pada even yang berlangsung di Auditorium Museum Negeri Provinsi Sumsel Balaputra Dewa, Selasa (19/11). Saking banyaknya, peserta sampai meluber hingga ke selasar museum.

Lomba menggambar dan mewarnai koleksi museum digelar oleh Museum Negeri Provinsi Sumatera Selatan Balaputra Dewa bekerja sama dengan Harian Palembang Ekspres dan Ikatan Guru Raudhatul Athfal (IGRA) Kota Palembang.

Acara dibuka oleh Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru yang diwakili Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM Riza Pahlevi, dengan pemukulan gong.

Lewat Lomba Mewarnai, Tanamkan Kecintaan Anak pada Museum 1
Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru yang diwakili Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM Riza Pahlevi saat membuka lomba, dengan ditandai pemukulan gong.

Dalam sambutannya yang dibacakan Riza Pahlevi, Gubernur mengatakan, kegiatan ini dalam rangka memeriahkan ulang tahun Museum Negeri Provinsi Sumatera Selatan Balaputra Dewa yang ke-35 tahun, yang jatuh pada 5 November 2019.

“Kegiatan ini adalah rangkaian pameran temporer Museum Negeri Sumatera Selatan, yang digelar 30 hari. Mulai 5 November 2019 hingga 4 Desember 2019. Dengan mengangkat tema Pesona Kain Tradisional Sumatera Selatan,” katanya.

Lomba menggambar dan mewarnai ini, ia mengatakan, bertujuan untuk memperkenalkan dan membuat anak-anak usia dini mencintai museum, sebagai lembaga pemerintah yang melestarikan warisan negara dan budaya bangsa.

Acara pembukaan dihadiri Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumsel Aufa Syahrizal, GM Palembang Ekspres Tri Nurwanto, Pemimpin Redaksi Palembang Ekspres M Iqbal, Kepala Kantor Kemenag Palembang H Deni Priansyah, dan Ketua IGRA Palembang Lingga Eka Dariska.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumsel Aufa Syahrizal mengatakan, tema lomba, Payo ke Museum, berarti mengajak siswa Raudhatul Athfal untuk ke museum dan mencintai museum.

“Tujuan kegiatan ini adalah menjadikan museum menginspirasi masyarakat, untuk melestarikan nilai-nilai budaya bangsa sejak usia dini. Memperkenalkan rumah limas sebagai rumah tradisional Sumatera Selatan kepada anak-anak usia dini. Dan menumbuhkembangkan minat dan bakat anak terhadap kesenian,” ujarnya.

Sasarannya, ia mengatakan, adalah terwujudnya masyarakat yang cinta terhadap nilai-nilai sejarah dan budaya bangsa melalui penyelenggaraan lomba mewarnai koleksi museum.

Sementara pelaksanaan lomba mewarnai Lomba menggambar dan mewarnai koleksi Museum Negeri Provinsi Sumatera Selatan Balaputra Dewa, berlangsung meriah. Ribuan peserta dibantu orangtuanya antusias mengikuti kegiatan.

Acara pembukaan sendiri juga dimeriahkan atraksi dari anaka-anak Raudhatul Athfal. Seperti pembacaan Salawat Nabi, hadist, asmaul husna, yang diiringi musik.

Ketua IGRA Palembang Lingga Eka Dariska mengatakan, kegiatan ini sangat positif untuk anak-anak usia dini, terutama untuk anak-anak Raudhatul Athfal.

“Paling tidak anak-anak bisa lebih mengenal museum. Oh, seperti ini museum, yang selama ini dipelajar di sekolah itu. Mereka jadi tahu koleksi benda bersejarah apa saja yang ada di museum,” ujarnya.

Menurutnya, ini kali pertama kegiatan lomba mewarnai yang melibatkan anak-anak usia dini di museum. Selama ini mereka hanya sebatas kunjungan edukatif ke museum.

“Ke depan, kita akan lebih aktif mengajak anak-anak dalam kegiatan untuk mengenal sejarah nenek moyangnya,” pungkasnya.

Pemenang lomba mendapatkan hadiah trofi, sertifikat, dan uang pembinaan. CIT

Berikut pemenang Lomba Menggambar dan Mewarnai Koleksi Museum tingkat Raudhatul Athfal, Selasa (29/11):

Juara
1. Nyimas Sakinah (RA Fatimah)
2. Agni Kinan Nugroho (RA Miftahul Jannah)
3. Asraf Barie Ghandur (RA Perwanida 3)

Juara Harapan
1. Hazillah Ramadhani (RA SMB II)
2. M Hamizan (RA AR Ridho)
3. Aisyah Safira Humairoh (RA Al Hidayah)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here