Home Sumsel Martapura Luar Biasa, OKU Sabet MURI Kategori Inseminasi Buatan

Luar Biasa, OKU Sabet MURI Kategori Inseminasi Buatan

0

MARTAPURA, PE – Kabupaten OKU Timur  memecahkan rekor Museum Rekor Dunia Indonesia (Muri) atas kegiatan inseminasi buatan pada ternak sapi terbanyak se-Indonesia. Piagam Muri langsung diterima Gubernur Sumsel H.Herman Deru, SS,MM, Bupati OKU Timur HM Kholid Mawardi, S. Sos, Msi serta kadisnakan OKU Timur Ir haji kanjeng Tubagus sunarseno, MSI yang di serahkan oleh senior Manejer Muri Andre purwandono di Desa Sukaraja, Kecamatan Buay Madang, Kamis, (27/02).

Bupati OKU Timur HM Kholid Mawardi, S.Sos, MSi dalam sambutanya mengatakan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) OKU Timur telah membuat suatu inovasi dan akselerasi dalam peningkatan populasi ternak dengan kerja inseminasi buatan berkelanjutan untuk menghasilkan bibit sapi berkualitas guna membangun daulat ternak di daerah.

Dikatakannya, Pemkab OKU Timur melalui Dinas Perikanan dan Peternakan sudah meniti dan merintis kedaulatan ternak tersebut. Hal ini dapat dilihat dari populasi sapi potong di Sumsel, OKU Timur merupakan penyumbang terbesar sebanyak 25,58 persen atau 69.517 ekor dari jumlah total populasi sapi di Sumsel pada 2018 sebanyak 294.714  ekor.

Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan OKU Timur Ir  H Tubagus Sunarseno, MSi menambahkan, kegiatan sinkronisasi estrus maupun penyertaan birahi merupakan suatu usaha untuk menimbulkan birahi pada sekelompok ternak secara bersamaan dengan bantuan hormon sehingga diperoleh peningkatan angka kebuntingan.

“Jadwal kegiatan pelaksanaan kegiatan sinkronisasi estrus, inseminasi buatan dilaksanakan di 20 kecamatan dari 1 hingga 15 Januari 2020 dilakukan pemeriksaan kebuntingan sekaligus  sebagai seleksi akseptor. Pada 09 hingga 15 Februari 2020 pelaksanaan sinkronisasi estrus (Penyuntikan hormon secara serentak) dari 15 sampai 24 Februari 2020 pelaksanaan inseminasi buatan,” jelas Tubagus.

Sementara Gebenur Sumsel H Herman Deru mengatakan,julukan OKU Timur sebagai kecil-kecil cabe rawit pantas untuk disematkan, dalam usia ke 16, telah banyak prestasi yang diraih. Usia boleh muda, tetapi soal inovasi, pengembangan pembangunan daerah dan penghargaan yang didapat bisa diadu dengan kabupaten lain.

“Kabupaten OKU Timur tercatat kehidupan masyarakatnya tersejahtera di Sumsel ,ini menunjukan bahwa trobosan dan pencapaian yang dilakukan oleh Dinas Perikanan dan Peternakan ini dapat menjadi pembakar semangat dan motivasi bagi OPD-OPD yang lain dalam pencapaian kinerja dan berbuat untuk masyarakat OKU Timur,” kata Deru. NIA

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here