Home Sumsel Maksimalkan Pemanfaat KIA, Disukcapil Jalin Kerjasama Bersama Disdik Muratara

Maksimalkan Pemanfaat KIA, Disukcapil Jalin Kerjasama Bersama Disdik Muratara

0

MURATARA, PE- Untuk memaksimalkan pengunaan manfaat Kartu Identitas Anak (KIA) di Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara) untuk anak usia 0-17 tahun dalam bidang pendidikan, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapi) menjalin kerjasama bersama Dinas Pendidikan Kabupaten Muratara, Kamis (10/10).

Bertempat di Op room Setda Muratara, penandatangan kerjasama kedua instansi tersebut disaksaksikan langsung Bupati HM Syarif Hidayat yang diwakili Asisten II, Suharto Patih dan Kepala Bappeda Kepala Disdukcapil Kabupaten Muratara, Aan Andrian bersama Drs H Sukamto M,Pd, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Muratara.

Diungkapkan Aan Andrian, Kepala Disdukcapil Muratara, usai penandatanganan MoU, dia bersyukur telah dilakukannya kesepakatan kerjasama itu bersama Disdik Muratara, karena melalui kerjasama seperti itu dapat memaksimalkan pemanfaatkan dari pembuatan KIA yang diterbitkan oleh dinasnya.

Karena menurut Aan, dalam penggunaanya KIA sendiri sangat bermanfaat bagi anak-anak yang masih menginjak pendidikan sebagai Data Kependidikannya. Sedangkan syarat pembuatan KIA sendiri memerlukan Kartu Keluarga (KK), Akta Kelahiran dan pass foto bagi anak berumur diatas lima tahun, melalui MoU maka pengumpulan syarat-syarat tersebut dapat dikoordinir baik oleh pihak sekolah masing-masing.

“Dalam pengumpulannya data tersebut nantinya pihak sekolah dapat lakukan dengan cara menyimpanya ke dalam CD atau flashdisk, dan bisa diserahkan melalui Disdik dan selanjutnya pihak Disdik bisa menjadwalkan hal itu untuk diserahkan ke Disdukcapil Muratara. Harapannya melalui cara ini, pembuatan KIA bisa mencapai target sebanyak 20 ribu hingga akhir tahun 2019 nanti”, ungkapnya.

Sementara Kapala Disdik Kabupaten Muratara, Drs H Sukamto M,Pd mengungkapkan, sangat setuju dengan adanya kerjasama seperti itu yang diyakininya dapat berjalan dengan maksimal dalam pembuatan dan pemanfaatan KIA, dengan hasilnya yang akan lebih cepat, akurat dan terealisasi dengan baik.

“Melalui kerjasama ini beberapa bulan kedepan ditargetkan dapat semua dapat terpenuhi dan akan saya prioritaskan, terutama akan kita sosialisasikan kepada sekolah-sekolah yang dibawah binaan Disdik Muratara,” tuturnya. SON

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here