Home Kriminal Mangkir Dua Kali, Saksi Terancam Dipanggil Paksa

Mangkir Dua Kali, Saksi Terancam Dipanggil Paksa

0
Tim Jaksa Penuntut Umum (JPU) Naimullah SH dan Mardoen SH

PALEMBANG, PE – Yunil Azwan, saksi selaku Kuasa Pengguna Anggaran (KPA) dalam perkara kegiatan pemeliharaan rutin Jalan Muaradua – Kota Batu hingga batas Lampung dengan tersangka Yatimura ST MM,salah satu Pegawai Negeri Sipil (PNS) Dinas PU Bina Marga Provinsi Sumsel, kembali mangkir panggilan persidangan Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) di Pengadilan Negeri (PN) Kelas I A, Palembang. Sudah dua kali Yunil tak hadir, tanpa alasan jelas.

Tim Jaksa Penuntut Umum (JPU) Naimullah SH dan Mardoen SH kepada media, mengatakan, semestinya sidang hari ini, Selasa (3/12) dengan agenda mendengarkan keterangan saksi yakni Yusnil Aswan selaku KPA dalam kasus tersebut.

“Karena saksi atas nama Yunil Azwan selaku KPA sudah kita panggil sebanyak dua kali tidak hadir tanpa keterangan, maka majelis hakim memerintahkan apabila minggu depan tidak hadir lagi maka akan mengeluarkan penetapan pemanggilan secara paksa. Untuk itu, kita berharap agar saksi bisa hadir dipersidangan, sebelum dilakukan pemangilan paksa,” ujarnya.

Sebelumnya, kasus ini bermula pada kegiatan pemeliharaan rutin jalan Muaradua – Kota Batu – Batas Provinsi Lampung dengan APBD Provinsi tahun 2015. Dimana, dari hasil penghitungan dilakukan Tim BPK Provinsi Sumsel pada proyek tersebut berhasil ditemukan kerugian negara Rp 1.191.147.600.

Adapun Barang Bukti (BB) terdiri dari sebanyak 63 item dokumen, dan terdapat bukti penyitaan kerugian uang negara senilai Rp. 1.030.000.000, yang sudah dikembalikan oleh tersangka sebelumnya.

Tersangka diduga telah melanggar Pasal Primair, Pasal 2 ayat 1 JO Pasal 18 UU Tipikor, Pasal 3 JO Pasal 18, Pasal 9 UU Tipikor. Tersangka dilakukan penahanan di Rumah Tahanan Kelas 1 Palembang. JAN

Baca Juga  Terlibat Perampokan, Dituntut 3 Tahun Penjara
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here