Home Pendidikan Masyarakat Harapkan Muratara Segera Memiliki SLB

Masyarakat Harapkan Muratara Segera Memiliki SLB

0
Ilustrasi: Net.

MURATARA, PE- Banyak diantara masyarakat Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara) yang memiliki Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) merasa kebingungan untuk menyekolahkan anak-anaknya, karena di Kabupaten Muratara saat ini belum ada Sekolah Luar Biasa (SLB). Untuk itu mereka berharap, agar SLB bisa hadir di kabupaten tersebut.

Demikian diungkap Munawir Zazali (34) Ketua BPD Desa Biaro Baru, dalam sosialisasi PATBM, Kamis (17/10). Menurut dia, saat ini masih banyak warga Muratara yang memiliki ABK yang kebingungan saat hendak menyekolahkan anaknya karena Kabupaten Muratara belum memiliki SLB. Padahal, Muratara adalah Kabupaten Layak Anak (KLA).

Munawir yang juga memiliki ABK yang saat ini telah berumur 9 tahun, mengaku belum bisa menyekolahkan buah hatinya karena dia berfikir ketika disekolahkan di sekolah umum nantinya siapa yang akan mengajari sang anak. Malah ditakutkan, anaknya akan menjadi ejekan teman-temannya.

“Kalau masuk ke sekolah umum siapa yang mau mengajarinya, yang paling ditakutkan anak saya jadi bahan ejekan temannya dan dia bisa menjadi trauma. Harapan saya kepada pemerintah daerah kiranya ada SDLB, agar anak saya dan ABK lain bisa sekolah sesuai kebutuhanya. Rasanya masih banyak warga lain seperti diri saya yang mengaharapkan hal itu,” harapnya.

Sementara Ujang (30), warga Desa Tebing Tinggi mengungkapkan, sebagai orang tua yang memiliki ABK dia berharap Pemerintah Kabupaten Muratara bisa memberikan solusi terkait ABK karena terkadang dia merasa sedih jika anaknya diejek teman-temannya saat sekolah di tempat umum. Tidak hanya itu, kalau masih bisa diobati dia juga berharap ada terapi yang diberikan untuk anak-anak berkebutuhan khusus.

“Kami sangat berharap kalau ada SLB itu, dan bukan hanya itu. Kalau pemerintah peduli terdapat Hak Anak selain adanya SLB, kami juga berharap ada pengobatan atau terapi untuk anak-anak kami karena mungkin masih dapat diobati atau disembuhkan, ” harapnya.

Terpisah, Kepala DPMD-P3A Muratara, Hj Gusti Rohmani saat dikonfirmasi mengatakan, memang benar bukan hanya di Desa Biaro Baru saja ada masyarakat yang memiliki ABK yang belum bisa sekolah, di Kabupaten Muratara sendiri masih banyak anak-anak yang berkebutuhan khusus. Kalau ada SLB itu dia sangat mendukung sekali, agar anak-anak tersebut dapat memiliki hak-hak untuk sekolah.

Lanjutnya, sejauh ini dia juga pernah mendengar ada wancana Bupati Muratara melalui Dinas Pendidikan akan membuat SDLB itu. Kalau itu benar, dia sangat mendukung sekali agar apa yang diinginkan anak-anak itu dapat terpenuhi dengan catatan diharapkan Camat dan Kepala Desa melakukan pendataan agar ABK di daerahnya bisa terdata dengan baik sehingga dapat diusulkan. SON

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here