Home Headline News Mengurung Diri dalam Kamar, Tujuh Mahasiswa Asal Sumsel Akhirnya Pulang

Mengurung Diri dalam Kamar, Tujuh Mahasiswa Asal Sumsel Akhirnya Pulang

0

Ongkos Sendiri dari China

PALEMBANG, PE – Usai melewati pemeriksaan ketat, tujuh orang mahasiswa asal Palembang dan Kabupaten di Sumsel yang menempuh pendidikan di China mendarat di Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang, Sabtu (1/2/2020) petang. Para mahasiswa datang menggunakan pesawat Lion Air, dari Bandara Soekarno Hatta.

Kedatangan ketujuh mahasiswa ini langsung diarahkan untuk pemeriksaan oleh Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Palembang. Pemeriksaan diantaranya suhu tubuh menggunakan thermal scanner.

Diakui Muhammad Nauval, salah satu mahasiswa Jurusan Bisnis Internasional semester 4, mereka pulang dengan biaya sendiri, sebab yang dijemput pemerintah hanya di Wuhan. Selain wabah virus Corona, kepulangan pun karena kondisi di sana sudah semakin sulit.

“Kami menggunakan taksi pribadi dan langsung minta antar ke Bandara,” ujarnya, Sabtu (1/12). Nauval mengatakan, aktifitas selama di sana mengurung diri di kamar selama dua minggu dan tidak kemana-mana. “Kalau makanan kita stok dari jauh-jauh hari, ” aku mahasiswa yang pula ke kawasan Puncak Sekuning Palembang ini.

Ditanya rencana pulang ke China, dia bersama temannya masih menunggu informasi dari pihak kampus.”Ya, dari pada terjadi apa-apa kami mengambil inisiatif untuk pulang, untung ada teman-teman, ” katanya.

Senada diakui Adam Amrismafasyah, mahasiswa Jiansu Normal University China asal Kabupaten Muara Enim Sumatera Selatan, pihaknya belum tahu kapan akan kembali karena kampus sudah lebih dua minggu tutup. “Entahlah, kami juga tidak tahu. Syukur sekarang kami baik-baik saja dan sehat, ” ucapnya.

Sementara itu Kasi Pengendalian Karantina dan Surveilance Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas II Palembang, dr Fenty Wardha membeberkan, pemeriksaan ini untuk memastikan kondisi kesehatan baik-baik saja dan setelah diperiksa dengan thermal scanner tidak ada masalah.

“Waspada sejak terhitung 14 hari setelah kedatangan ke tanah air, kita akan tetap pantau. Mereka ini dilengkapi teman-teman ini yellow card atau kartu kewaspadaan,” katanya.

Dijelaskannya, penumpang dari luar negeri tidak hanya dari China, Singapura dan Malaysia yang memiliki penerbangan langsung ke Palembang pun turut diperiksa. Fenty mengatakan, masa inkubasi atau sebaran virus Corona akan terus dipantau selama 14 hari. DYN

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here