Home Headline News Menpora Resmi Buka Kejuaraan Dunia Boling di Jakabaring

Menpora Resmi Buka Kejuaraan Dunia Boling di Jakabaring

0
Gubernur Sumsel H Herman Deru bersama Menpora Zainudin Amali, Mehub Budi Karya Sumadi, Wagub Mawardi Yahya, dan Ketum PB Boling Indonesia, Percha Leanpuri.

PALEMBANG.PE- Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali secara resmi membuka Kejuaraan Dunia 55th Qubica AMF Bowling World Cup (BWC) 2019 di venue Bowling Jakabaring Sport City (JSC), Minggu (17/11) sore.

Pembukaan event internasional yang diikuti 132 atlet dan ratusan ofisial dari 77 negara, ditandai dengan melempar bola boling ke pin oleh Menpora. Diikuti pula oleh sejumlah pejabat yang hadir, yakni Gubernur Sumatera Selatan H Herman Deru, Ketua Umum Persatuan Boling Indonesia Percha Leanpuri, dan Wakil Gubernur Sumsel H Mawardi Yahya.

Acara pembukaan juga dihadiri oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Wapres World Bowling Marios Nikoladis, Executive Comitee of World Bowling Mike Seymour, dan ratusan atlet dan ofisial.

Dalam sambutannya Zainudin Amali mengatakan, dirinya sudah berjanji dengan Gubernur Sumsel, bahwa semua kegiatan internasional jika memungkinkan akan dibawa ke Sumsel.

“Sayang Jakabaring Sport City, yang sudah terbangun untuk SEA Games dan Asian Games, kalau tidak digunakan itu akan mubazir. Setiap kegiatan kalau memungkinkan kita akan lakukan di Palembang Jakabaring Sport City,” ucapnya disambut tepuk tangan hadirin.

Dikatakannya, kepercayaan dari pengurus boling internasional kepada Palembang untuk menjadi tuan rumah kejuaraan dunia ini harus dijaga betul. Sehingga Indonesia dapat kepercayaan kembali untuk menggelar event-event internasional berikutnya.

“Kepada para peserta, silakan bertanding sesuai dengan aturan yang ada di olahraga boling. Silakan menikmati Indonesia, khususnya Kota Palembang,” tukasnya.

Sementara Gubernur Sumsel H Herman Deru mengucapkan selamat datang kepada para peserta yang datang dari lima benua di dunia. “Semoga selama berada di Bumi Sriwijaya ini selalu dalam keadaan sehat dan selalu berada dalam lindungan Tuhan. Serta dapat mengikuti seluruh rangkaian kegiatan kejuaraan hingga berakhirnya,” ucap Gubernur yang kemarin tepat berusia 52 tahun.

Ia melanjutkan, kejuaraan ini adalah even bersejarah. Terakhir kali Indonesia menggelar even boling dunia pada 1980 atau 39 tahun yang lalu.

“Baru digelar lagi setelah 39 tahun di Indonesia. Dan itu berada di Kota Palembang,” ujarnya yang disambut tepuk tangan hadirin.

Semua ini, ia melanjutkan, tidak lain karena perjuangan dan dedikasi Sumsel dalam menyelenggarakan even-even internasional, dengan venue yang berstandar dunia di Komplek Jakabaring Sport City.

“Semoga momentum penyelenggaraan Kejuaraan Dunia 55th Qubica AMF Bowling World Cup 2019 ini tidak hanya memberikan eksistensi yang tinggi terhadap dunia olahraga boling. Tetapi juga silaturahmi, perekat persatuan, ketertiban, dan perdamaian, agar lebih kuat dan bersatu untuk mewujudkan harmonisasi dalam persahabatan negara-negara di dunia,” tukasnya.

Sedangkan Ketua Umum Persatuan Boling Indonesia Percha Leanpuri, yang tak lain anak kandung Herman Deru, mengatakan, setelah Maret 2019, Provinsi Sumsel ditunjuk sebagai tuan rumah Kejuaraan Dunia 55th Qubica AMF Bowling World Cup 2019, pihaknya juga mendapat dukungan penuh dari Gubernur dan Wakil Gubernur Sumsel beserta jajarannya melalui Dinas Pemuda dan Olahraga Sumsel.

“Even ini merupakan sejarah baru bagi Indonesia, karena terakhir Indonesia jadi tuan rumah kejuaraan dunia boling pada 1980 di Jakarta. Sangat spesial hari ini Sumatera Selatan mengukir sejarah menjadi tuan rumah yang ke-55 untuk kejuaraan boling dunia,” ujarnya.

Pembukaan Kejuaraan Dunia 55th Qubica AMF Bowling World Cup 2019 diawali dengan tari-tarian. Seusai mendengarkan kata sambutan, penonton disuguhi defile 132 atlet dari 77 negara.

Kejuaraan Dunia 55th Qubica AMF Bowling World Cup 2019 di venue Bowling Jakabaring Sport City akan bergulir 16-24 November 2019 mendatang. CIT

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here