Home Headline News Muba Penerima DBH Gas Bumi Terbesar di Indonesia

Muba Penerima DBH Gas Bumi Terbesar di Indonesia

0
Kepala Perwakilan SKK Migas Wilayah Sumbagsel Adiyanto Agus Handoyo (tiga dari kanan) dan Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral Provinsi Sumsel, Robert Heri (4 dari kiri), foto bersama usai acara talkshow.

PALEMBANG, PE – Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) menjadi daerah penerima dana bagi hasil (DBH) sumber daya alam gas bumi terbesar di Indonesia. Pada 2018, Muba mendapat DBH Gas Bumi senilai Rp913,8 miliar.

Kepala Perwakilan SKK Migas Wilayah Sumbagsel Adiyanto Agus Handoyo memaparkan, data yang diambil dari Kementerian Keuangan itu saat jadi pembicara Talkshow Milenial yang mengambil tema Peran Hulu Migas Terhadap Pembangunan Daerah di Sumatera Selatan. Acara ini disiarkan secara live oleh RRI Pro 1 dari Balroom Hotel Aston, Kamis (25/9) pagi.

Hadir juga dalam acara tersebut Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru yang membuka acara, dan Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral Provinsi Sumsel, Robert Heri.

“Muba mengalahkan Teluk Bintuni dari sisi gas. Jadi kaya kan Musi Banyuasin? Sumsel kaya kan?” ujar Adiyanto di hadapan para mahasiswa dari Universitas Sriwjaya dan sejumlah perguruan tinggi lainnya.

Namun, Sumsel tidak masuk sepuluh besar penghasil minyak bumi di Indonesia. Provinsi ini, kontribusinya hanya sepuluh persen untuk produksi minyak. “Tapi untuk gas, itu 30 persen dari produksi nasional,” ujarnya seraya mengatakan Conoco Philips yang mengolah gas bumi di Muba, termasuk Blok Koridor.

Lebih lanjut ia mengatakan, dana bagi hasil pemerintah pusat mengalir ke Sumatera Selatan senilai Rp3,194 triliun. Terbesar ke Jawa Timur senilai Rp6 triliun. “Harapannya ini bisa menekan angka kemiskinan, dari dua digit jadi satu digit,” pungkasnya. CIT

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here