Home Sumsel Paksa Gelar Acara Nikahan, Sanksi Pidana Bakal Menunggu

Paksa Gelar Acara Nikahan, Sanksi Pidana Bakal Menunggu

0
Kapolsek Sekayu, Iptu Ade Nurdin SH bersama unsur Forkopimcam saat membubarkan dan memberi imbauan pada acara hajatan yang digelar warga Desa Bandar Jaya, Sekayu.

SEKAYU, PE- Saat ini pencegahan penyebaran Virus Corona atau Covid-19 terus dilakukan semua pihak, bahkan Kapolri telah mengeluarkan Maklumat untuk tidak melakukan kegiatan yang mengundang kerumunan maupun massa banyak.

Menindaklanjuti hal itu, Kapolsek Sekayu, Iptu Ade Nurdin SH bersama Forum Kominikasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam) melakukan pembubaran dan memberi imbauan bagi warga Desa Bandar Jaya Kecamatan Sekayu yang menggelar resepsi pernikahan, Rabu (25/3).

“Ada informasi, bahwa telah diselenggarakan hajatan. Nah, dari sanalah bersama Forkopimcam serta Kepala Desa, mendatangi acara hajatan pernikahan, ” kata Ade

Dilokasi hajatan, lanjut Ade, ia menyampaikan beberapa poin dari Maklumat Kapolri terkait mempersempit dan mencegah penyebaran virus corona atau Covid 19 di wilayah Musi Banyuasin, khususnya Sekayu. Dimana, maklumat itu sendiri harus ditaati, bilamana tidak tentu sanksi Pidana bakal diberikan.

“Sanksinya ada sesuai Undang-undang Nomor 6 tahun 2018 tentang Kekarantinaan Kesehatan serta Undang-undang Nomor 4 tahun 1984 tentang Wabah Penyakit Menular, ” ucap mantan Kapolsek Sungai Keruh ini.

Untuk sanksinya sendiri, kata dia, berdasarkan acuan dua Undang-undang itu, Pasal 14 ayat (1) serta ayat (2), bilamana menghalangi pelaksana penanggulangan wabah diancam pidana 1 tahun dan denda Rp 1 juta serta Rp 500 ribu.

“Selain itu di UU Karantina Kesehatan ancaman hukumammya 1 tahun penjara atau denda Rp 100 juta, bilamana mengindahkan larangan itu, ” tegasnya.

Untuk itu, Kapolsek mengimbau untuk mengikuti arahan pemerintah dalam pencegahan penularan Virus Corona di Sekayu ini. MUH

Baca Juga  30 ribu Napi se Indonesia Dibebaskan, Sumsel Siap - siap Kebagian, Ini Syaratnya
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here