Home Headline News Pasca Protes Caleg Berakhir Ricuh, KPU Klaim Sudah Lakukan Sesuai Prosedur

Pasca Protes Caleg Berakhir Ricuh, KPU Klaim Sudah Lakukan Sesuai Prosedur

0

EMPAT LAWANG, PE – Pasca rapat pleno terbuka rekapitulasi dan penetapan hasil penghitungan suara tingkat kabupaten untuk Kecamatan Lintang Kanan Kabupaten Empat Lawang, Selasa (07/05) yang berakhir ricuh, pihak KPU menegaskan pihaknya sudah melakukan rapat pleno sesuai mekanisme dan aturan.

Ketua KPU Kabupaten Empat Lawang, Ali Amin ketika dikonfirmasi terkesan mengaku tidak berada di ruangan saat kejadian. Saat ricuh terjadi, dia sedang ke wc.
“Coba hubungi Abu Yamin (Komisioner Divisi Teknis dan Penyelenggaraan) karena saat kejadian saya sedang ke wc tadi. Nanti salah saya jelaskan,” katanya via telepon.

Sementara Komisioner KPU, Abu Yamin ketika dikonfirmasi nomornya tidak aktif.

Sedangkan Komisioner KPU Empat Lawang Divisi Hukum dan Pengawasan, Hendra Gunawan menjelaskan melalui pesan whatsapp kejadian yang ada di ruang pleno.

“Kami sudah melakukan rapat pleno sesuai mekanisme dan aturan, itu tidak betul kalau kami menyalahi prosedur. Justru jika kami yang langsung membuka C1 Hologram, kami yang tidak sesuai dengan prosedur. Kami harus mendapatkan rekomendasi dari Bawaslu,” tukasnya.

Terkait dengan adanya bentrok antara massa dan pihak keamanan yang terjadi saat KPU Empat Lawang sedang melakukan Rekapitulasi Tingkat Pileg Kabupaten Kota, Komisioner Bawaslu Martin dari Divisi Hukum Tindakan Pelanggaran dan Sengkata Pemilu mengatakan, sangat menyayangkan kejadian ini.

“Sebelumnya, kita sudah mengingatkan penyelenggara Pemilu KPU Empat Lawang, untuk menjalakan Pemilu sesuai Prosedur. Semestinya KPU mengambil sikap, dengan adanya kejadian di tingkat PPK harus diselesaikan ditingkat PPK. Karena hal tersebut tidak diseleseaikan ditingkat PPK, akhirnya warga menyampaikan tuntutan ke tingkat Kabupaten,” kata Martin. KOE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here