Home Sumsel Banyuasin Pelepah Sawit Dibuang Sembarang Dampaknya Drainase Tersumbat

Pelepah Sawit Dibuang Sembarang Dampaknya Drainase Tersumbat

0

BANYUASIN.PE-Perawatan pohon sawit disepanjang jalan lingkar Pemkab Banyuasin tampak tidak mencerminkan lingkungan yang bersih hingga dilihat penguna jalan yang melintas.

Justru jalan yang menjadi icon banyuasin ini terkesan jorok, lantaran bekas pelepah sawit yang sudah dipangkas dibuang ke saluran air (Drainase) ditepi jalan tersebut.

Dampaknya saluran air kini ditutupi sampah dan rerumputan yang sudah tinggi. Akibatnya bangunan saluran air yang mestinya berfungsi kondisinya rusak dan tersumbat.

“Kami (orang dua) hanya diberi upah oleh pihak ketiga sebesar Rp. 200 ribu perminggu/orang. Hanya bekas pelepah yang telah dipotoh dibuang dekat got,”ujar Yandi buruh lepas.

Untuk siapa yang mengambil sampahnya, itu bukan tanggungjawabnya. “Kami kurang tahu apakah sampahnya dibiarkan atau diambil petugas kebersihan,”jelasnya.

Menanggapi hal itu, Kepala Dinas Perkimtan Kabupaten Banyuasin Zulkipli Idrus mengatakan pembuangan sampah itu bukan kewenangannya. Pihaknya hanya untuk perawatan pohon sawit, hanya saja buahnya ketika panen diambil orang lain.

“Seharusnya mereka yang mengambil buahnya bertanggungjawab untuk membersihkan sampah pelepah sawit atau bukan dinasnya,”katanya. BUD

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here