Home Palembang Pembeli Sepi, Pedagang Lantai 2 Pasar KM5 Menjerit

Pembeli Sepi, Pedagang Lantai 2 Pasar KM5 Menjerit

0
Kondisi sepi warga yang melintas di Lantai 2 Pasar Km 5, Palembang. FOTO CITRA UTAMA/PALPRES.

PALEMBANG, PE- Para pedagang di Pasar KM5 lantai dua mengeluhkan sepinya pembeli. Mereka berharap ada perhatian dari pemerintah.

Arni (63), penjual pakaian di pasar KM5 mengatakan, keadaan sepinya pembeli sudah berlangsung bertahun-tahun, tepatnya sejak 2013. “Iya sudah sejak 2013. Saya tak tahu kenapa sepi. Mungkin karena daya beli turun,” tukasnya lesu saat ditemui Kamis (19/9).

Padahal, menurut dia, harga yang ditawarkan relatif murah. Seperti baju muslimah di kisaran Rp150 ribu hingga Rp200 ribu. Lalu celana jeans Rp100 ribu. Kemudian pakaian seragam sekolah, satu stel seragam SD dihargai Rp100 ribu, seragam SMP Rp125 ribu perstel, dan seragam SMA Rp125 ribu.

Tidaklah mahal, namun tetap saja pembeli sepi. “Sampai sesiang ini belum juga ada yang laku,” keluhnya. Hari-hari sebelumnya juga begitu. Hanya sedikit orang yang datang ke tokonya. “Kamu lihat sendiri kan, belum ada yang datang,” tukasnya sedih.

Yati (45) pedagang pakaian lainnya, menuding bisnis online menjadi penyebab sepinya pembeli. “Zaman sekarang, perlu apa-apa orang tinggal pencet HP. Bahkan mereka beli sebuah baju pun pakai hp. Hancurlah bisnis kami,” ujar Yati mengeluh.

Ia berharap perhatian dari pemerintah, agar usahanya tak sampai gulung tikar. “Kita berharap pemerintah bersedia membantu meringankan kesulitan kami,” ucapnya.

Erni (32) penjual sepatu bernasib setali tiga uang. Dagangannya belum satu pun laku hari itu. “Belum ada penglaris hari ini,” ujarnya sambil menyapu lantai rukonya.

Ia berhenti sejenak untuk melayani pertanyaan Palpres.com. Dikatakan dia, bahkan pernah tiga hari berturut-turut pembeli tak ada. “Tiga hari pernah tak ada pembeli. Tapi saya masih bertahan. Rejeki itu dari mana saja,” ujar ibu satu anak ini mencoba tetap tegar.

Ia menjajakan sepatu untuk anak dan tas di lapaknya. Harganya relatif terjangkau. Sepatu sekolah untuk anak SD di kisaran Rp50 hingga Rp65 ribu per pasang. Lalu tas sekolah juga murah, Rp50 sampai Rp65 ribu, tas wanita Rp50 ribu.

Kendati harga yang ditawarkan relatif terjangkau, namun ternyata itu belumlah cukup untuk membuat konsumen tertarik menyambangi lantai 2 Pasar KM5. CIT

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here