Home Sumsel Banyuasin Pemkab Banyuasin Akan Luncurkan Program Isbat Nikah Gratis

Pemkab Banyuasin Akan Luncurkan Program Isbat Nikah Gratis

0

BANYUASIN.PE-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banyuasin akan meluncurkan program itsbat nikah guna mempermudah pasangan pengantin yang belum mendapatkan buku nikah. Rencana itu disambut baik masyarakat dan akan direalisasikan pada tahun 2020 akan datang.

Bupati Banyuasin H Askolani SH MH saat menerima kunjungan kerja Ketua Pengadilan Agama Yusril SAg Pangkalan Balai diruang kerjanya, Selasa (9/7) membahas program istbat gratis bagi masyarakat Kabupaten Banyuasin yang belum memiliki surat nikah.

Disebutkan Askolani, surat nikah ini sangat penting keberadaannya, salah satu administrasi yang perlu dipenuhi untuk mengurus kelengkapan paspor dan untuk keperluan lainnya.

“Tentunya pemerintah akan mendukung program istbat nikah, dipastikan akan membantu dalam memiliki dokumen yang sah, karena masih ada pasangan pengantin yang bertahun-tahun nikah belum mendapatkan kartu nikah, karena bisa jadi tidak ada biaya,” kata Askolani.

Sedangkan Wakil Ketua 1 DPRD Banyuasin Sukardi menyambut baik rencana pemerintah akan memprogramkan rencana istbat nikah. Tentunya warga merasakan manfaat istbat nikah sangat membantu dalam memiliki dokumen nikah melalui pelayanan isbat nikah yang digagas oleh Kabag Kesra dan Pengadian Agama.

“Kalau memang untuk kemasalawatan masyarakat banyak kita dukung, dan setuju. Kita lihat dulu, nikah gratis bagaimana, kalau kawin muda ya tentunya jangan. Tetapi kalau yang kawin lama, bertahun-tahun belum ada kartu nikah itu memang perlu diperhatikan dan didukung,” ujar Sukardi kepada wartawan.

Kabag Kesra H Salni Fajar mengakui, kalau istbat nikah tersebut, baru wanaca dan masih dalam proses usulan, karena masih dalam proses perjalanan panjang. Insya Allah kegiatan mulia ini, apabila disetujui oleh bupati dan anggota DPRD Banyuasin. Maka niat baik ini akan dilaksanakan.

“Maaf ini baru wacana, tolong doa agar program istbat nikah bisa berjalan dengan lancar di Banyuasin,” jelas Salni ketika dihubungi melalui telpon oleh wartawan.

Menyikapi rencana istbat nikah yang digagaskan oleh Kabag Kesra Banyuasin dan Pengadilan Agama Pangkalan Balai, Ketua Jaringan Pendamping Kinerja Pemerintah (JPKP) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) Hendra Saputra menyambut baik. Karena program ini sangat bersentuhan ke pasangan hidup manusia yang dulunya tidak memiliki kartu nikah dan bisa mendapatkan kartu nikah gratis.

“Saya yakin masyarakat yang kurang mampu maupun yang nikah di pelosok desa bertahun-tahun belum mengantongi buku nikah. Dengan adanya istbat nikah warga pasti sangat senang,” tutur Hendra seraya berucap warga bangga memiliki akta nikah legal dan sangat mudah.

Dijelaskan Hendra, ada yang bertahun-tahun nikah dan memiliki banyak anak tak memilik buku nikah. “Ada pasangan pengantin berencana untuk membuat buku nikah selalu terbendung dari banyaknya persyaratan dan tak ada biaya untuk mengurus,” tandasnya. BUD

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here