Home Sumsel Pengangguran di OKUT Capai 12 Ribu Orang Lebih

Pengangguran di OKUT Capai 12 Ribu Orang Lebih

0
Drs Elfiyan Syawal, MM, Kepala Disnakertrans OKU Timur.

MARTAPURA,PE- Angka pengangguran yang tercatat di Kabupaten OKU Timur lumayan tinggi. Dari data BPS pada 2017 tercatat sebanyak 12,138 orang atau 2,53 persen dari angkatan kerja 460.000 orang. Sementara untuk data tahun 2018-2019, Disnakertrans Kabupaten OKU Timur belum mengecek data BPS.

“Kita belum mengecek kembali. Terkait usia pengangguran dari 15 -64 tahun mengenai pendidikan bermacam-macam, ada yang tamatan sekolah sampai sarjana,”ungkap Kepala Disnakertrans OKU Timur, Drs Elfiyan Syawal, MM, Kamis (7/11).

Dijelaskan Elfian, selama ini pihaknya melayani para pencari kerja yang membuat kartu kuning setiap harinya. Namun karena angka pengangguran dari data BPS menembus angka 12 ribu orang lebih, sehingga pihaknya membuat terobosan agar mampu menurunkan angka pengangguran di Kabupaten OKU Timur.

Elfian mengatakan, pihaknya memiliki program lowongan kerja bursa kerja on line. Program ini merupakan cara jitu, dalam membantu masyarakat khusus yang pengangguran.

“Masyarakat yang menganggur bisa mengases informasi lowongan kerja melalui internet, karena kami menginformasikan lowongan kerja,” jelasnya.

Selain memberikan informasi online, pihaknya juga melaksanakan sosialisasi di lapangan terkait informasi lapangan kerja. Mengenai pelatihan kerja pihak Disnakertrans belum bisa mempasilitasi, sebab pihaknya belum memiliki Balai Pelatihan Kerja (BLK).

“Mungkin ke depannya Disnakertrans akan memiliki BLK untuk memberikan pelatihan, dan menyalurkan peserta ke perusahaan yang membutuhkan,” pungkasnya. JAY

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here