Home Palembang Penuhi Kebutuhan Air Bersih, Kebut Pembangunan IPAB

Penuhi Kebutuhan Air Bersih, Kebut Pembangunan IPAB

0
Wawako Palembang Fitrianti Agustinda saat melakukan kunjungan ke kantor PDAM Tirta Musi, Senin (2/12).

PALEMBANG, PE – Pembangunan dan pemeliharaan Instalasi Pengelolaan Air Bersih (IPAB) dikebut. Hal ini guna memenuhi kebutuhan air bersih di Kota Palembang, utamanya di daerah pinggir Kota.

Hal ini diungkapkan Wakil Walikota Palembang, Fitrianti Agustinda usai kunjungannya ke kantor PDAM Tirta Musi, Senin (2/12). Menurut dia, pembangunan IPAB ini sangat mendesak, terutama dserah Seberang Ilir.

“Dari hasil pertemuan kita pertama sudah kita data hanya Palembang sudah memiliki 98 IPAB, tapi sayangnya tidak berfungsi secara maksimal. Ini tindak lanjut dari pertemuan sebelumnya. Kita berharao segera dibangun IPAB baru untuk kebutuhan air bersih,” ujar Fitri.

Sambungnya, pembangunan IPAB melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) dan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD), sebanyak 98 IPAB tersebar.

Namun diakuinya, karena tidak dikelola dengan baik, dari 98 IPAB hanya 77 IPAB saja yang berfungsi. Untuk itulah, Fitri menginstruksikan pihak PUPR dan PDAM untuk mengecek langsung ke lapangan, IPAB mana saja yang berfungsi dan tidak. Ke depan, pihaknya akan menghidupkan kembali keberadaan IPAD.

“Kalau dulu kan pengelolaannya kita berikan langsung ke masyarakat, sekarang kita minta PDAM untuk mengelola, supaya lebih optimal pelayannya. Paling nanti ada iuran bulan untuk biaya operasional dan pemeliharaan IPAB itu sendiri,” katanya.

Keberadaan IPAB ini lanjut Fitri, diharapkan mampu mem-backup air bersih di Seberang Ilir, karena Seberang Ulu dipastikan sudah merata.

“Insya Allah, kalau Seberang Ulu dalam waktu dekat distribusi air bersih sudah bisa terpenuhi. Keinginan kita IPAB bisa memenuhi kebutuhan air bersih di seberang Ilir, bila perlu kita tambah lagi pembangunan IPAB nya,” kata dia.

Namun kata Fitri, untuk membangun IPAB ada syaratnya, minimal ada lahan 5×5, kemudian ada sumber mata air, misalnya anak sungai, danau maupun rawa. “Yang nantinya bisa dimanfaatkan oleh warga setempat,” ucapnya.

Dia menambahkan, dalam satu IPAD ini mampu mengcover 55 kepala keluarga (KK), sehingga keberadaan IPAD sangat penting untuk menjawab rencana jangka pendek. “Kalau rencana kita yang siap dibangun yakni waduk untuk cadangan air baku yang siap dibangun 100 hektar, sembari menunggu itu kita manfaatkan IPAD terlebih dahulu,” imbuhnya.

Sementara itu Direktur PDAM Tirta Musi, Andi Wijaya menambahkan, untuk membangun IPAD menghabiskan Rp 100-200 juta, makanya ke depan akan dilihat dulu IPAD yang sudah ada agar dapat dihidupkan atau difungsikan kembali.

“Kita siap untuk mengelola, paling iuran untuk biaya operasional. Nanti info masyarakat boleh dibangun.

Pembangunan IPAD juga, lanjut dia, bisa dicari melalui CSR, karena sekarang juga daftar tunggu 15 ribu. Paling tidak dengan adanya IPAD ini, mampu mengcover daerah-daerah pinggiran seperti Talang Jambi, Sako dan Gandus. DYN

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here