Home Sumsel Banyuasin Perangi Bahaya Narkoba, BNK Banyuasin Berikan Penyuluhan Ke Sekolah

Perangi Bahaya Narkoba, BNK Banyuasin Berikan Penyuluhan Ke Sekolah

0

BANYUASIN.PE- Bahaya narkotika yang kini marak beredar luas di masyarakat, bahkan dikhawatirkan masuk ke satuan pendidikan diwilayah Banyuasin.

Tentunya masalah ini menjadi perhatian serius Pemkab Banyuasin melalui Badan Narkotika Kabupaten (BNK) Banyuasin.

Upaya memerangi barang haram itu dengan gencarnya Tim BNK Banyuasin melakukan penyuluhan ke para pelajar di sekolah pada 21 Kecamatan dalam Banyuasin.

Karena dampak negatif bahaya narkoba ini dapat menyerang kesehatan dan merusak masa depan generasi muda yang sedang mengenyam ilmu dibangku sekolah.

Melalui dana hibah APBD tahun 2019, salah satu kegiatan itu diselenggarakan di Sekolah Kejuruan Negeri (SMK) PGRI Banyuasin Kelurahan Setrio Banyuasin III, Rabu (20/11) pukul 10.00 Wib.

Menurut narasumber dari BNK Banyuasin Robilian Jauhari menyampaikan gencarnya penyuluhan narkoba bertujuan untuk mengendalikan narkoba agar tidak beredar di lingkungan satuan pendidikan, tentunya harus mendapat dukungan positif dari masyarakat luas, serta paling utama para kepala sekolah, pendidik dan tenaga kepandidikan, termasuk warga sekolah.

“Kita terus menggencarkan penyuluhan narkoba sebagai bentuk pencehahan terhadap siswa di satuan pendidikan, mengingat narkotika sudah menyentuh level desa, sehingga para kepala sekolah, pendidik dan tenaga kependidikan wajib mengawasi anak didiknya,” ujar Robilian Jauhari saat menyampaikan materi sosialisasi di sekolah.

Sebagai gambaran, bahaya narkoba tak diragukan lagi terhadap kesehatan tubuh, mengganggu kondisi otak dan tubuh secara umum,perubahan sel saraf dalam otak, dehidrasi, bingung dan hilang ingatan, Halusinasi dan Kejang hingga kematian.

Karena menurutnya banyak pengguna obat-obatan ini yang awalnya tergoda merasakan kesenangan sesaat atau sebagai pelarian dari masalah yang dihadapi. Padahal, efek narkoba dapat merusak kesehatan secara fisik dan kejiwaan.

“Jangan sampai generasi penerus bangsa tersentuh dengan barang haram tersebut. Sosialisasi ini bentuk pencegahan bahaya narkoba yang kian marak di masyarakat,”terangnya.

Sementara Ketua Harian BNK Banyuasin Drs. HM Yusuf. MSi mengatakan jika sosialisasi tersebut, tim BNK Kabupaten Banyuasin telah mengunjungi ke sekolah-sekolah untuk melakukan penyuluhan bahaya narkoba dikalangan pelajar SD, SMP dan SMA.

“BNK roadshow ke sekolah-sekolah di 21 kecamatan dalam Kabupaten Banyuasin, untuk kampanyekan bahaya narkoba” tuturnya.

Dia meminta semua kepala satuan pendidikan harus merespon dan peduli terhadap kegiatan penyuluhan narkotika dilaksanakan oleh BNK, sebab memang sudah ada peraturan daerahnya. Bila kepala sekolah maupun pendidik dan tenaga kependidikan tidak mengindahkan peraturan tersebut maka akan kena sangsi.

“Sangsi diberikan sesuai dengan peraturan daerah, sebab yang memberikan sangsi adalah peraturan, bukan BNK, makanya diharapkan sekolah harus ikut andil besar dalam mengawasi peserta didik, jangan sampai narkotika masuk ke sekolah,” tegas dia. Seraya mengaku yakin kepada semua BNK kecamatan terus mencanangkan bahaya narkoba di tingkat pelajar.

Diakuinya, kepala sekolah, guru serta warga sekolah yang paling tahu tentang peserta didik di satuan pendidikan, sehingga peraturan tersebut jangan sampai diabaikan, karena untuk menghindari jangan sampai generasi muda terjerumus pada narkotika, baik di tingkat SD, SMP maupun di SMA sederajat. BUD

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here