Home Sumsel Banyuasin Percepat Penyerapan Anggaran 2019, Bupati Warning Suluruh OPD

Percepat Penyerapan Anggaran 2019, Bupati Warning Suluruh OPD

0

BANYUASIN.PE-Sejumlah proyek dan kegiatan OPD dilingkungan Pemkab Banyuasin masih ada yang belum dikerjakan. Padahal, tahun anggaran 2019 waktunya kurang dua bulan lagi. Hal ini dikhawatirkan akan mempengaruhi kurang optimalnya penyerapan anggaran.

Untuk mewanti-wanti hal itu, Bupati Banyuasin H Askolani melayangkan surat edaran kepada seluruh OPD dilingkungan Pemkab Banyuasin pertanggal 19 Oktober Nomor : 999/1559/BPKAD-Pb/2019 tentang batas waktu penyampaian Surat Perintah Membayar (SPM) dan Pertanggungjawaban GU/TU.

“Suratnya sudah ditanda tangani Wakil Bupati H Slamet,” ujar Masfarizal Kabid Bendahara BPKAD Banyuasin.

Dengan surat edaran tersebut, artinya ia sama saja telah mewarning kepada seluruh OPD untuk mempercepat penyerapan anggaran dan tidak menghindari penumpukan pembayaran.

“Kalau cepat penyerapan anggara laporan keuangan Pemkab dapat dilaporkan ke BPK untuk diaudit. Hasil audit dilaporkan ke dewan dibuatkan Perda laporan pertangujawabkan selnjutnya dilaporkan ke Gubernur diteruskan ke Menteri Keuangan,”terangnya.

Lebih jauh dia menjelaskan batas waktu penyampaian SPM LS paling lambat 20 Desember 2019 dan SPM GU/TU 2 Desember 2019. Juga pertanggungjawaban GU/TU paling lambat 31 Desember 2019.

Selain itu, pemotongan dan penyetoran pajak atas belanja bulan desember seluruhnya harus diselesaikan pada 31 Desember 2019.

“Seluruh kontrak diinput ke Simda paling lambat 1 November 2019 untuk anggaran Induk dan paling lambat 11 November 2019 untuk anggaran perubahan,”urainya seraya juga disampaikan daftar hutang dan daftar pengakuan hutang paling lambat 11 Novembee 2019.

Terpisah, Kepala Bagian UKPBJ Setda Pemkab Banyuasin Apriansyah mengatakan untuk pelaksanaam lelang baik APBD, Bantuan Gubernur dan DAK sudah selesai dilelang.
Hanya saja, pelaksanaan proyek dan kegiatan tersebut dilakukan kontrak dengan pihak dinas terkait.

“Saat ini proyek dana pinjaman Rp.288 milyar ke BSB yang masih dalam proses lelang, tahun ini juga harus selesai,”katanya. BUD

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here