Home Palembang Pertanyaan Tentang Sejarah Sulitkan Peserta

Pertanyaan Tentang Sejarah Sulitkan Peserta

0
Peserta dari SMAN 18 Palembang saat mengikuti Sang Juara gelaran Palembang Ekspres dan Museum Balaputra Dewa. FOTO: ALHADI FARID/PALPRES.

PALEMBANG.PE- Memasuki hari kedua lomba Sang Juara Ayo ke Museum tingkat SMA se Kota Palembang, Kamis (7/11), di Aula Museum Negeri Provinsi Sumatra Selatan Balaputra Dewa, SMA Negeri 2 Palembang dan SMA Negeri 18 Palembang yang menjadi peserta, membawa masing-masing seratus siswa.

SMA Negeri 2 Palembang yang mendapat giliran pertama berlomba. Namun baru pertanyaan pertama dilontarkan Redaktur Pelaksana Palembang Ekspres Trisno Rusli, hampir separuh peserta harus meninggalkan arena. Pertanyaan tersebut, yakni Kerajaan Islam pertama di Pulau Jawa adalah Demak, benar atau salah? Rupanya hampir separuh dari peserta yang menjawab ‘Salah’. Padahal, pernyataan itu jawabnya benar.

Pengetahuan siswa tentang sejarah memang benar-benar diuji di even Sang Juara kali ini. Beberapa terlihat ragu mengangkat papan bertuliskan contreng untuk benar dan silang yang berarti salah. Lantaran itulah Trisno menegur mereka, agar dalam menjawab soal harus dengan ketetapan hati, tidak boleh ragu.

“Mengangkat papan tidak boleh ragu. Jangan bingung. Harus tahu (angkat papan dengan tangan) kanan benar, kiri salah. Apalagi toleh kiri kanan, karena itu bisa didiskualifikasi,” kata Trisno.

Saat peserta tinggal tersisa enam orang, Kepala UPTD Museum Balaputra Dewa Chandra Aprayadi yang turut menyaksikan jalannya lomba, kemudian didaulat untuk memberikan pertanyaan.

“HUT Museum Balaputra Dewa tanggal 5 November, betul atau salah,” demikian pertanyaan yang dilontarkan Chandra.

Namun ia belum mau memastikan jawabannya saat peserta sudah mengangkat papan. Melainkan menunggu kehadiran pemandu senior, Meri. Ia pun datang ke arena lomba.

“Lima November, benar. Museum Balaputra Dewa diresmikan pada 5 November 1984. Berarti baru kemarin usia ke-35. Kalau didirikan tahun 1977. Jadi kalau dihitung sejak diresmikan, usia museum 35,” katanya.

Baca Juga  Terjebak Soal Asian Games

Lima finalis dari masing-masing sekolah akan mewakili sekolahnya pada babak grandfinal yang akan berlangsung pada 30 November mendatang.

Avian, siswa kelas XII IPS 1 SMA Negeri 18 Palembang, tidak menyangka dirinya akan keluar sebagai juara pertama.

“Senang bisa juara. Sama sekali tidak ada persiapan. Baru kemarin saya diberitahu ada lomba ini. Tidak menyangka bisa juara,” katanya usai lomba.

Lomba Sang Juara Ayo ke Museum tingkat SMA se Kota Palembang digelar Harian Palembang Ekspres bekerja sama dengan Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Selatan dan Museum Negeri Provinsi Sumatra Selatan Balaputra Dewa. Event ini berlangsung 5-30 November mendatang. CIT

Pemenang Sang Juara Ayo ke Museum hari kedua, Kamis (7/11)

SMA Negeri 2 Palembang
Juara 1 Sevati Sheyla Restu Putri kelas XI IPS 3
Juara 2 Hilya Nazila Suada kelas XIL IPA 1
Juara 3 Aulya Rahma kelas XI IPA 1
Juara 4 Chodijah kelas XI IPA 1
Juara 5 Rahma Nurhaliza Kelas XI IPA 1

SMA Negeri 18 Palembang
Juara 1 Avian kelas XII IPS 1
Juara 2 Shafira Ramadhani Salsabila kelas XII IPS 2
Juara 3 Wiji Kurniawan kelas XII IPA 4
Juara 4 Liyana Dwi Apriani kelas XII IPA 4
Juara 5 Asep Irmawan kelas XII IPS 3

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here