Home Adhyaksa Sriwijaya Pidsus Kejati Sumsel Launching Aplikasi SIAP

Pidsus Kejati Sumsel Launching Aplikasi SIAP

0
Foto bersama usai launching aplikasi SIAP oleh Pidsus Kejati Sumsel.

PALEMBANG, PE -Bidang Tindak Pidana Khusus (Pidsus) Kejaksaan Tinggi (Kejati) resmi meluncurkan aplikasi Sistem Informasi Aplikasi Pidsus (SIAP), di gedung Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sumsel, Jumat (18/10).

Dalam kesempatan itu, Wakil Kepala Kejaksaan Tinggi (Wakajati) Sumsel Hari Setiyono SH MH mengatakan, hadirnya aplikasi SIAP ini diharapkan akan mempermudah dan mengoptimalisasi perkembangan penanganan perkara bagi masyatakat, LSM dan aparat penegak hukum dalam hal perkara tindak pidana khusus, seperti korupsi, kepabeanan dan pajak.

“Selama ini masyarakat langsung datang ke gedung Kejati Sumsel, sehingga dengan dilaunching aplikasi ini bisa mempermudah masyarakat tanpa harus bolak balik menanyakan progres perkara yang mereka tanyakan. Aplikasi SIAP ini untuk optimilisasi penanganan perkara Pidsus. Sistem bagus aplikasi bagus dan orangnya yang mengelolanya harus bagus. Artinya ini eksternal dan internal harus bagus. Sehingga masyarakat tinggal membuka sistem aplikasi ini, sehingga mempermudah untuk mengetahui hal terbaru. Semoga ini tidak hanya di Pidsus, tapi juga bidang lain bisa menerapkan sistem aplikasi ini,” jelasnya.

Sementara itu, Raimel Jesaja, SH. MH selaku Aspidsus Kejati Sumsel, menambahkan, adanya aplikasi SIAP guna membantu dan mempermudah pencari keadilan tanpa harus bolak balik datang ke gedung Kejati Sumsel untuk mempertanyakan sejauh mana progress atau tindak lanjut laporan mereka.

“Sehingga hanya dengan membuka akun, dengan melihat laporan mereka diterima dan ditolak dan melihat perkembanganya apakah masih cross cek dilapangan atau sedang dilakukan pemeriksaan. Sehinggga laporan bisa langsng dinput oleh programer dan staf kami,”ujarnya.

Pada saat penuntutan, lanjut dia, SPDP dari penyidik polda, pajak dan kepabenan cukai dan alur eksekusi selama ini hanya secara manual, sehingga kini pencari keadilan dapat menanyakan sejauhmana kasusnya, apakah sudah inkrah atau dieksekusi.

“Nantinya seluruh perkara Pidsus termasuk yang sudah inkrah, akan ditampilkan dalam aplokasi SIAP data yang sudah dan belum diesekusi. Sehingga hanya tinggal membuka aplikasi SIAP. Untuk saat ini, bisa membuka aplikasi pidsus kejati sumsel.go.id,” tukasnya.JAN

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here